Tanda-Tanda Gigi Kucing Copot

Untuk kamu sebagai pecinta kucing atau pemiliknya, pastinya kamu harus mengetahui tanda-tanda gigi kucing yang akan copot.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak lagi merasa panik dan juga bisa melakukan penangan yang tepat dan benar pada kucing. Di bawah ini terdapat tanda-tanda yang harus kamu pahami.

1. Kucing Sering Menggigit

Tanda-tanda yang biasa terjadi pada anak kucing ditunjukkan dengan ia sering menggigit barang-barang yang ada di dekatnya.

Nah, apabila kamu melihat tanda-tanda tersebut pada kucing mu, maka kamu dapat memberikannya mainan kucing yang dapat digigit oleh kucing mu. 

Menggigit mainan merupakan cara alami atau sebagai insting kucing saat giginya terasa akan copot. Dengan menggigit, giginya akan lebih mudah untuk lepas dari gusi sehingga tidak akan mengganggu nya lagi.

2. Nafsu Makan Berkurang

Tentu saja kucing merasakan sakit jika giginya akan copot, namun kucing tidak dapat memperlihatkan rasa sakit bila giginya sedang bermasalah. Oleh sebab itu, ia tanda yang ia tunjukkan dengan mengurangi konsumsi makanan. Untuk itu, kamu harus bisa mengenali tanda-tanda ini. 

Kamu sebagai pemilik kucing harus memeriksa kesehatan kucing mu supaya bisa mengetahui dengan baik masalah kesehatan yang ada pada tubuh kucing mu. Kamu bisa pergi ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dengan ahlinya.

3. Mulut dan Gigi Bermasalah

Di sebagian kasus, masalah pada kesehatan gigi kucing ini bisa dilihat dari adanya kemerahan di area gusi dan juga bau tidak sedap yang keluar dari mulut si kucing. Gigi kucing yang ingin copot juga wajib diberikan penanganan yang tepat oleh dokter hewan.  

Banyak kucing mempunyai taring yang menumpuk sebab tidak langsung mendapatkan penanganan saat giginya copot. Walaupun demikian, kamu tidak perlu khawatir bila kucing peliharaan kamu kehilangan giginya sebab sedang mengalami siklus pergantian dari gigi susu ke gigi permanen. 

Untuk lebih amannya, kamu bisa konsultasikan dan periksa kondisi kesehatan kucing dengan rutin supaya kamu dapat mencegah adanya masalah kesehatan yang terjadi pada kucing mu.

Cara Mengatasi Gigi Kucing Copot 

cara mengatasi gigi kucing copot - twinma plesvet hospital

Setelah kamu memahami dan mengetahui penyebab dan tanda-tanda dari copotnya gigi kucing, ada baiknya untuk segera membawa kucing pergi ke dokter hewan langganan atau terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk proses ini, biasanya dokter akan mengecek secara detail sehingga bisa mengetahui masalah yang sedang dialami si kucing. 

Umumnya dokter hewan akan memberikan dua opsi untuk cara mengatasi gigi kucing yang sakit, yaitu: 

  • Penanganan sementara

Dokter bisa memberikan obat untuk meminimalisir rasa sakit yang dirasakan kucing. Umumnya hal ini dilakukan untuk mengurangi stress yang terjadi pada kucing karena mengalami kesakitan yang berlebihan. 

  • Penanganan permanen

Dokter akan lebih dulu melakukan pemeriksaan. Apabila keadaannya sudah buruk sekali, maka hanya ada satu-satunya cara yang harus diambil yaitu pencabutan gigi pada kucing agar ia tidak merasakan sakit gigi lagi. 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab, tanda-tanda, dan cara mengatasi gigi kucing copot bukan? Hal yang paling penting dan harus kamu lakukan yaitu tetap tenang sehingga diagnosis bisa dilakukan dengan tepat.

Lalu, jangan pernah memberikan obat sakit gigi khusus manusia untuk kucing peliharaanmu tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan ya, Sobat Pintar! 

Semoga  bermanfaat. (aks/sumber: www.jagadtani.com)


Post Terkait

Comments