Tak Hanya Kucing, Ayam Kate Juga Perlu Divaksinasi

Memiliki tubuh yang mini, sungguh menggemas bagi orang yang melihatnya. Bulunya yang indah dan juga mempunyai suara merdu, membuat ayam mini atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayam kate ini banyak digemari oleh orang banyak.

Salah satu penggemarnya adalah H. Ahmid, warga Kampung Cinangka, Kota Depok, Jawa Barat. Menurutnya, saat ini ada beberapa jenis ayam kate yang dikenal oleh pecinta ayam hias, seperti ayam kate lokal, kate batindo, dan kate bangkok. Yang sering dipelihara adalah jenis kate serama.

Memelihara ayam kate sebagai ayam hias, tidak sama dengan memelihara ayam kampung biasa. Jika ingin memiliki kesehatan prima, ayam kate juga perlu dijaga kesehatannya.

Ahmid menuturkan, selain harus bersih, kandang ayam pun mesti memperoleh paparan sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup. Yang menarik, setiap tiga bulan sekali pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) ini selalu berkunjung ke dokter hewan hanya untuk memberikan suntikan vaksinasi.

“Supaya tidak gampang terserang penyakit,” ungkapnya.

Pemberian vaksinasi yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam beternak unggas. Ibarat pencuri, kita tidak tahu kapan datangnya penyakit. Begitu juga dengan penyakit ND (Tetelo) dan AI (Flu Burung) merupakan penyakit yang datang tiba-tiba. Kedatangannya dapat dibawa melalui udara maupun burung liar. (Abdul Kholis)

Sumber: Vetnews.co


Post Terkait

Comments