Saat Mata Anak Kucing Berubah Warna

Lihatlah ke mata kucing Anda. Apa warna mereka? Sebagian besar warna mata kucing dewasa ada pada spektrum mulai dari hijau, emas dan kuning di satu sisi ke oranye, tembaga, dan coklat di sisi lain, dengan sejumlah variasi dan nuansa antara.

Tapi bagaimana dengan kucing dengan mata biru? Semua anak kucing dilahirkan dengan mata biru nominal, dan beberapa kucing mempertahankan warna nyata ini sepanjang hidup. Mengapa saya memenuhi syarat warna dengan kata-kata seperti "secara nominal" dan "jelas"? Dan kapan mata anak kucing berubah warna dan mengapa?

Kisaran blues yang kita lihat amati di mata kucing adalah hasil dari cahaya dibiaskan, daripada fungsi pigmentasi. Sementara kita memandang warna mata kucing ini sebagai biru, itu bukan warna itu sendiri, tetapi kurangnya warna dikombinasikan dengan pembiasan cahaya.

Apa yang menghasilkan warna mata lainnya pada kucing adalah tingkat transparansi dari mata luar bersama dengan pigmen yang tersedia di iris kucing. Mari jawab, “Kapan mata anak kucing berubah warna, ” dan berikan beberapa wawasan tentang bagaimana dan mengapa mata anak kucing berubah warna.

Mata anak kucing: Apa yang harus diketahui tentang bulan pertama

Langkah pertama untuk menjawab, “Kapan mata anak kucing berubah warna?” Adalah mengetahui bahwa mata mereka bahkan tidak terbuka saat lahir. Setelah keluar dari rahim dan memasuki kotak whelping, mata kucing yang baru lahir tertutup rapat dan secara fungsional tidak berguna.

Seperti tubuh tanpa mantel dan telinga tertutup, mata kucing tidak sepenuhnya berkembang saat lahir. Satu-satunya indera yang berfungsi langsung dari gerbang adalah sentuhan dan penciuman.

Dengan bantuan dan perlindungan ibu, anak kucing bisa makan dan tidur, dua hal yang paling baik dilakukan bayi kucing. Kegiatan ini menyediakan bahan bakar dan bahan mentah untuk pertumbuhan di seluruh papan, termasuk mempersiapkan mata untuk dilihat.

Setiap anak kucing berkembang dengan kecepatan yang berbeda, tetapi biasanya, mata kucing cukup matang untuk dibuka selama minggu kedua kehidupan, di mana saja mulai 7-14 hari setelah lahir.

Setelah kelopak mata mulai memisahkan, mereka mungkin memerlukan dua atau tiga hari untuk terbuka sepenuhnya. Bahkan kemudian, buka tidak berarti fungsional. Bagian dari pematangan mata kucing adalah mengembangkan kemampuan untuk memproses cahaya dan menafsirkan masukan sensorik.

Untuk bulan pertama hingga lima minggu, seekor anak kucing dapat melihat tentang serta Han Solo yang baru keluar dari penjara karbonitnya di Return of the Jedi, ketika semuanya tampak sebagai “blur terang.”

Juga seperti Han Solo, yang tersandung sedikit pada awalnya, mata-tangan - atau koordinasi mata-mata masih sangat mungkin pekerjaan yang sedang berjalan untuk anak kucing. Sebagian besar anak kucing akan mencapai fungsi okular dan visual penuh di beberapa titik antara minggu 5 dan 7.

Jadi, kapan mata anak kucing berubah warna?

Selama periode perkembangan ini, bayi kucing sedang belajar untuk melihat, tetapi matanya tidak akan sepenuhnya matang - termasuk mengasumsikan warna dewasa seumur hidup mereka - sampai dia berumur 3-6 bulan. Itu penglihatan pertama, warna kedua untuk anak kucing.

Untuk beberapa minggu pertama setelah mata kucing terbuka, mereka tampak berwarna biru. Warna ini adalah efek cahaya yang dibiaskan dari kornea, penutup transparan luar bola mata dan ketebalan relatif dari empat lapisannya. Saat warna mata kucing matang, persepsi kita tentang warna mata terus dipengaruhi dan dipengaruhi oleh lapisan luar biru atau biru-hijau yang dibiaskan ini.

Jadi, kapan mata anak kucing berubah warna? Pada minggu ke 6 atau 7, warna mata kucing mulai berubah. Iris, bagian mata yang berwarna, mengandung melanosit.

Setelah mata cukup matang, melanocytes ini mulai memproduksi melanin, pigmen yang memberikan mata warna dewasa yang matang. Warna terakhir dan kedalaman atau intensitasnya ditentukan oleh berapa banyak melanosit yang ada dan berapa banyak melanin yang dihasilkannya.

Pada spektrum yang kami sebutkan di atas - hijau di satu ujung dan coklat di bagian lain - hijau muda berarti iris kucing telah menghasilkan jumlah melanin yang paling sedikit, dan cokelat paling banyak.

Semoga bermanfaat. (aks/Sumber: ind.pets-health.com)


Post Terkait

Comments