Saat Kucing Tidak Merespons Ketika Dipanggil Pemiiknya

Seekor anjing peliharaan akan lebih bisa akrab oleh pemiliknya. Mereka terlihat sangat setia dan menyayangi pemiliknya.

Bahkan, ketika dipanggil oleh pemiliknya, mereka akan langsung berlari ke arahnya.

Hal ini berbeda dengan kucing, sering kali ada beberapa kucing yang seringkali engan merespons ketika dipanggil oleh pemiliknya.

Melansir dari Cuteness, Selasa (28/9/2021) studi menunjukkan bahwa kucing dapat mengenali suara pemiliknya.

Sebuah penelitian yang mengamati 20 kucing rumahan selama delapan bulan menemukan bahwa 50 hingga 70 persen kucing menoleh saat mendengar suara pemiliknya dan 30 persen menggerakkan telinga mereka. Ini dikenal sebagai perilaku berorientasi.

Ketika kucing menoleh atau menggerakkan telinganya, itu menunjukkan bahwa mereka memang bisa mendengar dan agak mengenali suara manusia. Namun, reaksi kucing sangat halus dan tidak terlalu demonstratif.

Apakah kucing memahami manusia?

Meskipun kucing dapat mendengar suara manusia, masih belum pasti apakah mereka benar-benar memahami komunikasi manusia. Kucing melakukan gerakan karena naluri, dengan konsentrasi pada kelangsungan hidup.

Oleh karena itu, tindakan mereka memotivasi diri sendiri. Kucing makan karena lapar, bukan karena Anda berkata, "Waktunya makan malam."

Apakah kucing sengaja mengabaikan panggilan pemiliknya?

Sangat penting untuk memahami bagaimana tepatnya kucing berkomunikasi. Manusia terus-menerus menyuarakan emosi, kebutuhan, dan tuntutan mereka.

Anjing, meskipun kurang vokal, masih berkomunikasi satu sama lain melalui gonggongan, terengah-engah, erangan dan bahasa tubuh. Anjing secara aktif memoderasi perilaku mereka untuk menjembatani kesenjangan komunikasi antara anjing dan manusia.

Mereka dilatih untuk menanggapi pemiliknya dan memiliki kemampuan alami untuk berasimilasi dengan kebutuhan manusia. Namun, hal ini tidak terjadi pada kucing.

Kucing mengabaikan manusia karena mereka tidak pernah dibesarkan atau dilatih untuk mendengarkan dan mematuhi seperti anjing.

Karena perilaku kucing sangat didasarkan pada naluri bertahan hidup alami, mereka tidak akan berkomunikasi jika tidak diperlukan.

Induk kucing di alam liar hanya akan menggunakan komunikasi vokal dengan anak kucingnya sebagai peringatan atau tanda bahaya.

Jika tidak ada bahaya atau kebutuhan untuk berkomunikasi, kucing benar-benar tidak akan melakukan hal apapun.

Oleh karena itu, jika Anda memanggil kucing tetapi mereka tidak membutuhkan apa pun dari Anda pada saat itu, mereka tidak akan merespons.

Tentu kucing mencintai Anda, tetapi dia tidak akan menyuarakan ini, atau banyak hal lain, jika itu tidak benar-benar diperlukan.

Bisakah melatih kucing untuk mendengarkan dan merespons?

Pelatihan kucing bisa rumit, tetapi ada cara untuk membuat kucing Anda datang ketika Anda memanggilnya. Ini mungkin tampak jelas, tetapi cara terbaik untuk membuat kucing Anda datang kepada Anda adalah dengan menawarkan sesuatu yang dia inginkan.

Biasanya, itu lebih dari sekadar suara cinta Anda yang memanggilnya.

Pikat kucing Anda dengan camilan atau makanan lezat saat Anda mencarinya. Jika Anda tidak dapat menemukan kucing, berjalan-jalanlah di sekitar rumah dengan semangkuk segar makanan kucing basah hampir dapat mengeluarkan mereka dari tempat persembunyian favoritnya.

Jika Anda tidak ingin terlalu memanjakan kucing dengan camilan, cobalah untuk menawarkan mainan favorit mereka.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments