Saat Anjing Menyembunyikan Rasa Sakit Atau Cedera

Naluri hidup di alam bebas dengan segala ancamannya, membuat anjing selalu menyembunyikan kelemahan agar tak terdeteksi oleh predator yang membahayakan mereka.

Sehingga dalam keadaan sakit atau terluka, anjing selalu berusaha menutupinya, meski mereka hidup aman di sekeliling orang-orang yang menyayanginya. Para pemilik anjing hendaknya mengerti bahasa tubuh mereka agar dapat menyikapi kondisi kesehatan secara cepat.

  1.  Mengangkat satu kaki

Baik saat berjalan, berdiri, bahkan duduk sekalipun menandakan anjing sedang mengalami sakit di salah satu bagian tubuhnya namun belum tentu kaki. Maka periksa seluruh tubuh anjing dengan seksama.

  1. Tampak lesu tak seperti biasanya

Memang tak semua anjing aktif dan enerjik, ada juga anjing yang lebih senang bermalas-malasan. Namun pemilik pastinya tahu akan keseharian peliharaannya, sehingga bisa membandingkan saat mereka tampak lebih lesu dari biasanya

  1. Perubahan nafsu makan

Jangan menunggu anjing tak mau makan, ketika ia terlihat bermalas-malasan untuk makan, segeralah pahami bahwa anjing merasa tubuhnya tak nyaman. Berikan vitamin atau beri perlindungan pertama untuk tak membiarkan penyakit berkembang, hingga nafsu makannya kembali normal

  1. Perhatikan mata anjing

Dalam kondisi sehat, mata anjing akan tampak membulat dan berbinar. Sementara mata yang tampak sayu dan tak menunjukan hasrat akan sesuatu menjadi indikasi kesehatan anjing mengalami penurunan 

  1. Perubahan sikap

Ketika sakit anjing akan bersikap defensif, bisa saja ia yang biasa ramah menjadi mengabaikan panggilan, menyendiri atau marah ketika didekati. Bila anjing tampak semakin emosional, sebaiknya bawa segera ke dokter untuk mengetahui keadaannya secara lebih pasti.

  1. Napas tak teratur

Bisa saja tersengal, tampak berat menarik napas, atau napas pendek-pendek merupakan gejala yang timbul akibat anjing menahan rasa sakit yang dideritanya. 

  1. Gestur tubuh

Rasa sakit memengaruhi gestur tubuh anjing, jika ia mulai membungkuk berlebihan, bergerak perlahan dan kaku, atau juga tampak gelisah menandakan anjing sedang bermasalah dengan kesehatannya.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments