Ras Kucing yang Bisa Hidup Akur dengan Anjing

Banyak penggambaran bahwa kucing tidak pernah akur dengan anjing. Kalau Anda ingat film kartun Tom & Jerry, Tom si kucing kerap berseteru dengan anjing.

Namun demikian, ada beberapa ras kucing yang ternyata dapat hidup akur dengan anjing. Ini tentu akan menyenangkan bagi Anda yang memelihara anjing dan kucing sekaligus di rumah.

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (21/3/2021), berikut beberapa ras kucing yang dapat hidup berdampingan dengan anjing.

  1. Siberian

Ras kucing yang berasal dari Rusia ini sangat hangat dan sangat percaya diri di sekitar kucing dan anjing lain di rumah dan, pada kenyataannya, mungkin akan menjadi pemimpin dari semua hewan peliharaan," kata Natalie Marks, pakar kucing dan dokter hewan mitra Royal Canin.

Ada kemungkinan ukurannya yang cukup besar, yakni dengan berat badan bisa mencapai 8,5 kilogram atau bulunya yang lebat dan terkesan mewah yang membuat kucing Siberian cenderung memiliki watak percaya diri.

Kucing ini pun adalah teman yang baik bagi manusia.

  1. Maine Coon

Lempar bola untuk permainan tangkap dan anjing Anda serta kucing Maine Coon mungkin bersaing untuk melihat siapa yang mendapatkan bola terlebih dahulu.

Maine Coon memiliki postur tubuh kokoh, tetapi mereka juga santai dan rukun dengan anggota keluarga berbulu lainnya.

“Beberapa pemilik hewan peliharaan menemukan kemiripan yang luar biasa antara Maine Coon dan seekor anjing, karena ras ini biasanya suka mengambil dan diajak jalan-jalan dengan tali,” ujar Marks.

Maine Coon pun menyukai air, tetapi kebanyakan kucing tidak.

  1. British Shorthair

Bukan hanya sikap santai British Shorthair yang cocok untuk menjadi sahabat anjing, tetapi juga fisik mereka.

“Tubuh mereka yang berat dan berotot membuat mereka siap untuk bermain fisik dengan anjing Anda,” kata Teresa Keiger, juri dari Cat Fanciers 'Association (CFA).

Ras kucing ini awalnya dikenal karena kekuatan fisik dan kemampuan berburu mereka.

  1. Birman

Jika Anda khawatir anak anjing akan kesepian saat Anda sedang bekerja, Anda mungkin ingin menambahkan kucing Birman ke dalam keluarga.

Mengingat penampilan dan bulu mereka yang mewah, Anda mungkin tidak mengira kucing ini akan menjadi teman bermain yang sempurna untuk anjing Anda, tetapi faktanya kucing Birman menyukai anjing.

“Permainan 'kucing dan tikus' tradisional menjadi permainan 'kucing dan anjing' dengan jenis ini di rumah Anda. Birman suka mengejar dan bahkan mengambil bola, menjadi teman bermain terbaik untuk anjing Anda," terang Marks.

  1. Norwegian Forest Cat

Kucing ini berasal dari Norwegia, tempat ia dijadikan rumahnya selama ribuan tahun.

Anda mungkin bingung karena kucing ini mirip Maine Coon, sebab mereka memiliki ukuran dan penampilan yang mirip.

Namun, Norwegian Forest Cat memiliki mata almond dan profil lurus. Kepribadian mereka juga serupa, kedua ras ini santai, ramah, dan mudah beradaptasi.

Meski demikian, Marks mengatakan bahwa kucing ini beradaptasi lebih baik dengan seekor anjing jika mereka tumbuh bersama, jadi mengadopsi seekor anjing pada saat yang sama akan ideal.

  1. Abyssinian

“Abyssiniab adalah jenis yang penuh rasa ingin tahu, dan ingin berinteraksi dengan segala hal dan semua orang. Seekor anjing tidak terkecuali," tutur Keiger.

Abyssinian bukan kucing yang senang dipangku, jadi anjing Anda tidak perlu bersaing untuk mendapatkan tempat yang didambakan itu. Namun, itu tidak berarti mereka tidak menjadi manusia, malah sebaliknya.

Abyssinian sangat berorientasi pada orang dan ingin berada di dekat Anda serta mengetahui apa yang Anda lakukan sehingga mereka dapat "membantu".

Mereka selalu bergerak dan akan menjadi teman yang sempurna untuk anjing yang menyukai tantangan mental dan fisik. Satu-satunya waktu istirahat yang tampaknya dimiliki Abyssinian adalah saat mereka makan atau tidur.

  1. Ragdoll

Ragdoll sangat bertingkah seperti anjing. Mereka dengan senang hati menyambut di pintu dan menyambut Anda di rumah, kemudian mengikuti Anda berkeliling sampai mereka mendapatkan perhatian.

Mereka bahkan akan rebahan di tempat tidur Anda dan meringkuk dengan Anda sepanjang malam. Minat Ragdoll pada spesies lain tidak terbatas pada manusia, mereka juga menyukai anjing.

"Ragdoll bisa belajar berjalan dengan tali dan bahkan bisa berjalan-jalan bersama anjing Anda,” sebut Marks.

  1. Turkish Angora

“Ras kucing ini sangat lucu dan bahkan suka mengerjai anjing di dalam rumah,” kata Marks.

Sangat ramah dan penuh kasih sayang, kucing Angora dengan senang hati menyambut teman berbulu lainnya, termasuk anjing. Kucing ini cenderung memiliki sifat tegas dan sikap berwibawa yang menjadikan mereka hewan peliharaan dominan di rumah.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments