Ras Anjing Bermata Hijau yang Langka

Para ilmuwan mengatakan bahwa di masa lampau,  anjing berevolusi dengan kemampuan untuk meluluhkan hati manusia melalui matanya sehingga bisa menjalin persahabatan dan hewan peliharaan manusia.

Tak heran, bila saat ini manusia cenderung tertarik pada warna mata yang dimiliki anjing, terutama jika warnanya tidak biasa seperti hijau. 

Kebanyakan anjing memiliki mata coklat dan hitam. Namun, ada beberapa ras anjing tertentu yang memiliki warna mata tak biasa seperti hijau dan biru.

Anjing bermata hijau adalah hal yang sulit dipahami dan langka. Mata hijau lebih umum dialami anak anjing. Namun, mata hijau itu sering berubah menjadi kuning seiring bertambahnya usia anjing. 

Bila sebelumnya sudah membahas anjing bermata biru, kali ini dereta ras anjing bermata hijau dilansir dari Reader's Digest, Kamis (6/10/2022), berikut 

American pit bull terrier

American pit bull terrier adalah satu-satunya ras anjing yang cenderung memiliki mata hijau meski dapat memiliki mata biru, coklat, atau hazel.

Anjing ini dikenal cerdas, mudah bergaul, setia. tangguh, serta sangat lembut. Selain menjadi anjing bermata hijau yang terkenal, American pit bull terrier memiliki tubuh berotot dan mantel mengkilap yang datang dalam aneka warna, dari coklat, hitam, belang-belang, dan putih. Berniat memelihara anjing ini? Ketahui dulu fakta menarik anjing Pit bull berikut ini. 

Pomeranian husky 

Meski bukan ras murni— persilangan antara anjing Pomeranian dan Husky—Pomeranian husky adalah ras anjing kedua yang biasanya memiliki mata hijau.

Pomeranian husky memiliki perawakan pendek, ekor keriting, dan jenaka lantaran wajahnya yang mirip Siberian husky, yang bertubuh besar. Tampilan ini membuat anjing Pomeranian husky benar-benar menggemaskan.

Selain mata hijau, Pomeranian husky juga bisa memiliki mata biru, cokelat, atau dua warna (biasanya satu mata biru dan satu mata cokelat).

Anak-anak anjing ini lucu, cerdas, mandiri, serta membutuhkan banyak teka-teki, permainan, dan latihan untuk membuatnya bahagia. 

Australian shepherd 

Selain terkadang memiliki mata hijau, Australian shepherd sering memiliki dua mata berwarna berbeda (secara teknis disebut heterochromia). Misalnya, biru dan coklat atau hijau dan coklat.

Anak-anak anjing yang berorientasi pada pekerjaan ini adalah anggota kelompok penggembala dan membutuhkan pelatihan kuat. 

Border collie

Selanjutnya, ras anjing bermata hijau lainnya adalah Border collie. Awalnya, Border collie dibiakkan sebagai anjing penggembala dan anjing pekerja keras yang membutuhkan banyak aktivitas untuk tetap bahagia.

Anjing juga terkadang memiliki bulu belang-belang, yang berarti membawa gen merle yang membuatnya juga memiliki mata hijau, biru, dan warna-warni.

Labrador retriever

Labrador retriever ras murni tidak memiliki mata hijau. Namun, karena ras anjing ini sangat sering dicampur, beberapa Labrador retriver ada bermata hijau. 

Anjing ini dikenal ramah dan merupakan salah satu ras utama yang dipilih sebagai anjing pemandu dan penyelamat, berkat kemampuan latih serta atletisnya. 

Dachshund

Anjing Dachshund memiliki tubuh memanjang seperti sosi dan kaki kekar sehingga membuat tampilannnya mudah dikenali. 

Namun, Dachshund juga menjadi anjing bermata hijau. Gen merle, gen yang membuat mata anjing berwarna hijau, sering muncul pada Dachshund dalam bentuk mantel belang-belang serta bermata hijau. 

Anak anjing yang penasaran dan gagah ini awalnya dibiakkan untuk berburu musang. Konon, anjing Dachshund tidak terlalu suka bermain-main meski menyukai jalan-jalan yang menyenangkan. 

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments