Rahasia di Balik Dengkur Kucing

Pemahaman yang berkembang saat mendengar kucing mendengkur adalah si kucing sedang bahagia, atau saat ia berada di pangkuan pemiliknya si pus sedang menyatakan sayang pada pemiliknya.

Hal tersebut cukup menyenangkan pemilik mereka, tentunya. Karena salah satu tujuan memelihara kucing adalah memberi mereka bahagia, dan mereka membalas rasa sayang sang pemilik.

Namun sebenarnya dengkuran kucing tak sesederhana itu untuk dimaknai, karena disamping ada juga orang yang mengartikan dengkuran sebagai tanda si kucing sehat, ternyata bisa juga menandakan sebaliknya. Justru kucing sedang sakit.

Jadi makna apa yang ada dibalik dengkuran si pus? Dari IFL Science diketahui beberapa fakta menarik tentangnya.

  1. Benar, si kucing sedang bahagia

Kucing mendengkur pada frekuensi 25-150 hertz, dimana frekuensi tersebut menunjukkan kesenangan dan kebahagiaan.

        2. Menyatakan kondisi 

Dengkuran ketika menghirup dan hembuskan napas merupakan kontrak intermiten laring dan otot diafragma kucing, mengartikan bahwa otot laring kucing tidak mengalami kelumpuhan atau cedera yang bisa berpengaruh pada sistem pernapasannya. 

       3. Proses penyembuhan

Perilaku kucing, dimana mereka melompat, berlari dan melakukan kegiatan fisik lainnya membutuhkan upaya untuk mengembalikan stamina juga fungsi tubuh. Dengkuran memberikan getaran pada kucing untuk meningkatkan kepadatan tulang mereka.

  1. Menenangkan diri

Suara dengkuran tentu dapat didengar oleh kucing sendiri, sama seperti manfaat yang didapatkan oleh manusia saat mendengarnya, dengkuran mampu menenangkan dari stress dan depresi yang dirasakan kucing. Baik ketika berada dalam situasi yang tak membuatnya nyaman atau saat mengalami cedera.

  1. Merespon sentuhan

Ketika mengelus kucing, biasanya mereka akan mendengkur sebagai suatu respon pada pemilik dan kerelaan untuk mendapat perlakuan tersebut. Saat mereka tak memberi respon dapat diartikan mereka sedang tak ingin dielus.

Semoga informasi ini bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments