Pidato Ketua Umum PB PDHI Dalam Peringatan World Veterinary Day Tahun 2021

 Pada hari Sabtu Tanggal 24 April 2021, sudah menjadi kesepakatan Dunia menjadi Hari World Veterinary Day (WVD) yang merupakan Hari Dokter Hewan Dunia. Sudah sepantasnya PDHI sebagai wadah para dokter hewan Indonesia untuk merayakan dan memperingatinya. WVD kali ini membuat tema Peran Dokter Hewan Dalam Krisis Covid 19 sudah sangat tepat. Karena profesi dokter hewan adalah profesi yang memainkan peran dalam memberikan solusi bagi kesehatan manusia dan kesehatan hewan.

Dalam Hal penyakit virologi, Dokter Hewan mempunyai pemikiran yang lebih maju karena telah sering menghadapi kasus kasus virus pada hewan seperti Virus AIV yang pernah Outbreak di Indonesia maupun Dunia sehingga beberapa Para Ahli bekerja sama dng Pabrik Vaksin melakukan penelitian untuk menghasilkan vaksin AIV dengan Sheed Virus Lokal Indonesia.

Demikian juga saat menghadapi Pandemi Covid 19 para dokter hewan berperanan untuk mengisolasi virus Covid 19 dan bekerja sama dengan pabrik vaksin untuk menghasilkan vaksin covid 19. Kami salut dan ikut bangga kepada para kolega yang dikomandani oleh Prof Dr Fedik A Rantam  sebagai peneliti ahli virus dan Drh Sudirman Sebagai CEO PT Biotis Pharmaceutical yang memiliki fasilitas pembuatan vaksin telah bekerja sama mewujudkan Vaksin Merah Putih kebanggan Bangsa Indonesia semoga bisa segera dapat diaplikasikan  kepada masyarakat Indonesia.

Kamipun bangga dan salut kepada Prof Drh Wiku Adisasmita M.Sc Ph.D yang satu satu nya dokter hewan yang dipercaya oleh Pemerintah sebagai Juru Bicara Satgas Covid 19, yang setiap hari memberikan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan perkembangan penyakit Covid 19 di Indonesia.

Kita semua kolega wajib memberikan kontribusi yang positif dan nyata untuk membantu pemerintah dan negara Indonesia agar segera membebaskan dari Pandemi Covid 19 dan kita yakin pasti bisa.

Akhirnya Mari Kita Bangga menjadi Dokter Hewan dan mari kita selalu meningkatkan Kompetensi kita agar mampu menghadapi tantangan di masa depan untuk menyelamatkan bangsa dari penyakit manusia yang oleh diprediksi WHO 70% akan berasal dari penyakit hewan.

 Viva Veteriner Jayalah Dokter Hewan Indonesia

Viva Veteriner Majulah Dokter Hewan Indonesia

Viva Veteriner Bersatulah Dokter Hewan Indonesia



 


Post Terkait

Comments