Perilaku Aneh Anjing Pertanda Masalah Kesehatan Bagian 1

Anjing merupakan hewan yang dikenal setia terhadap tuannya, dan selalu ingin menunjukkan perasaannya kepada sang majikan. Bahkan mereka akan menunjukkan rasa cinta dengan cara yang unik.

Maka dari itu, Anda perlu belajar bagaimana menafsirkan perilaku anjing.

Tindakan dari anjing sesungguhnya banyak memberi tahu kita tentang suasana hatinya. Seperti pernahkah Anda menyaksikan anjing menjilati tekstur tertentu atau mengelilingi tempat yang sama di depan Anda?

Ada banyak alasan perihal kondisi pikiran atau masalah kesehatan anjing yang menyebabkan mereka melakukan hal-hal tersebut. Setelah Anda memperhatikan perilakunya, Anda akan dapat membantunya.

Berikut adalah 12 perilaku anjing yang perlu Anda ketahui memiliki makna penting pertanda masalah kesehatan, seperti dilansir hillspet.com Senin (13/7/2020):

  1. Nafas yang Bau

Anjing dikenal sebagai hewan yang memiliki nafas yang bau, tetapi jika Anda melihat perubahan yang nyata terkait dengan halitosis (bau nafas) nya, mungkin sudah waktunya untuk melakukan perjalanan ke dokter hewan. Mungkin ada yang salah dengan kesehatan mulut anjing Anda.

Perubahan bau napas anjing Anda juga bisa menjadi penyebab kekhawatiran sehubungan dengan saluran pencernaan, hati, atau ginjalnya. Jika napas anjing Anda berbau urin, misalnya, ia bisa saja mengalami masalah ginjal.

Jika anjing memiliki napas berbau harum, adalah tanda bagi dokter hewan bahwa anjing Anda mungkin menderita diabetes (terutama jika dia minum lebih banyak air dan buang air kecil lebih sering). Suasana hati anjing keseluruhannya mungkin tampak bahagia, tetapi jika napasnya berubah, perhatikan dan segera beri tahu dokter hewan Anda.

  1. Menggigit

Anak anjing dapat menggigit anda saat mereka belajar bagaimana berkomunikasi dengan tuannya. Ini biasanya terjadi saat bermain, karena anak anjing sering berkomunikasi dengan mulut mereka ketika mereka berinteraksi.

Namun,jika anak anjing menggigit secara teratur, penting untuk menghentikannya sebelum berkembang menjadi perilaku anjing yang bermasalah. Anjing menggigit karena kecemasan, ketakutan, atau agresif.

Bisakah Anda mengidentifikasi apa yang membuat hewan peliharaan Anda melakukannya? Apakah suasana hatinya memengaruhi tindakannya?

Jika Anda kesulitan memberikan arahan agar anjing Anda tidak menggigit, pertimbangkan untuk mempekerjakan pelatih yang profesional, atau lebih baik lagi, ahli perilaku dokter hewan. Dokter hewan Anda pasti bisa merekomendasikannya untuk Anda.

  1. Berputar

Anjing yang tidak bisa berhenti melakukan gerakan berputar mungkin memiliki masalah kesehatan. Ya, kadang-kadang memang menyenangkan bagi seekor anjung untuk mengejar ekornya, tetapi jika anak anjing Anda mengendalikannya, maka artinya ada masalah.

Infeksi telinga dapat menyebabkan mereka melakukan gerakan berputar, tetapi anjing jantan juga suka mmengejar ekornya.

Tentu saja mungkin ada alasan lain mengapa peliharaan anda berputar-putar. Anjing yang lebih tua mungkin menderita sindrom vestibular idiopatik, dan bukan sesuatu yang perlu anda khawatirkan, tetapi semua anjing berisiko mengalami keracunan atau tumor otak. Hanya dokter hewan yang dapat menentukan penyebab anjing Anda berputar-putar, jadi bawa segera anjing anda untuk melakukan pemeriksaan.

  1. Menggali

Anjing menggali tanah karena berbagai alasan: melarikan diri, melacak binatang, membuat tempat yang asyik untuk berbaring, atau menyembunyikan sesuatu yang penting bagi mereka. Namun, pernahkah Anda memperhatikan anjing Anda menggaruk selimut atau sofa untuk menemukan tempat yang tepat untuk berbaring?

Perilaku anjing yang seperti ini paling sering terjadi pada malam hari dan selama waktu tidur siang, dan itu benar-benar normal. Jika penggalian anjing Anda mulai mengganggu Anda, atau merusak furnitur Anda, pertimbangkan untuk bekerja dengan pelatih profesional untuk mengurangi kebiasaan keras kepala ini.

  1. Makan kotoran

Anjing makan kotoran karena berbagai alasan; itu bisa menjadi perilaku anjing yang normal (meski tidak menyenangkan bagi kita). Anjing-anjing muda dapat menyaksikan induknya membersihkan mereka dengan cara memakan kotorannya dan mereka menirunya.

Merasa ketakutan juga biasa sebagai pemicu yang menyebabkan anjing Anda memakan kotorannya. Kemudian juga, mungkin anjing Anda memang hanya ingin tahu karena dia mungkin mencium aroma tertentu di tinja dan penasaran seperti apa rasanya.

Makan kotoran juga bisa menjadi solusi karena merasa lapar. Pastikan Anda memberi makan anjing Anda makanan yang seimbang, sehingga Anda dapat sepenuhnya mengesampingkan malnutrisi sebagai alasannya memakan kotorannya. Dan jangan lupa hubungi dokter hewan anda terutama jika anjing anda kehilangan banyak berat badan.

  1. Menekan Kepala

Jika Anda melihat anjing menekan kepalanya ke dinding atau benda keras lainnya, Anda harus segera waspada. Menekan kepala adalah tanda umum dari banyak masalah serius, seperti keracunan atau penyakit otak. Segera buat janji dengan dokter hewan Anda.

  1. Terengah-engah

Anjing mengeluarkan sebagian besar panas tubuhnya dari mulut. Saat anjing terengah-engah, ia mungkin merasa terlalu hangat, jadi ia mengatur suhu tubuhnya.

Namun, penting untuk memperhatikannya, karena ia mungkin melakukannya saat kesakitan juga. Ukur suhu anjing anda dan pastikan ia tidak dehihdrasi sebelum aktivitas fisik apa pun, terutama saat cuaca panas.

Jika anjing Anda terluka, segera bawa dia ke dokter hewan. Beberapa masalah kesehatan lain mungkin juga menunjukkan peningkatan terengah-engah sebagai tanda, jadi jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi dokter hewan Anda.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.liputan6.com)


Post Terkait

Comments