Penyebab Mata Kucing Persia Peaknose

Penyebab mata kucing persia peaknose jadi kotor sangat beragam, sehingga beragam pula cara membersihkan kotoran dan penyakit bisa secara alami atau dengan obat.. Banyak jenis yang selama ini beredar di Indonesia tetapi menurut pengamatan kami, Jenis ras Anggora dan Persia tergolong paling banyak diminati.

Kucing Persia jenis peakhose (orang – orang menyebutnya pesek) menjadi dambaan para cat lovers karena intensitas bulu lebih lebat dari jenis lainnya. Tapi dibalik keindahan bulu lebatnya, si mpuss persia mempunya kelemahan yaitu seringnya timbul kotoran.

Ada banyak perihal dapat kita lakukan untuk membersihkan kotoran mata kucing persia semoga artikel ini sedikit membantu anda.

Cara merawat jenis persia tergolong tidak terlalu sulit, namun tetap perlu berhati-hati. Sebagai salah satu kucing jenis import yang masuk ke Indonesia, tentu butuh penangan khusus untuk menjaga kesehatannya.

Perawatan ini mencangkup berbagai aspek, mulai dari konsumsi makanan, bahkan memandikannya pun berbeda dari jenis biasa (agak manja). Terutama pada bagian mata kucing sering timbul kotoran.

1. Luka Di Mata Kucing

Sifat lunak serta tidak terlindungi membuat organ ini rentan terluka, sifat kucing yang suka beraktivitas dan bermain, terkadang membuat bagian mata tanpa sengaja tergores. Selain menyebabkan penglihatan menjadi kabur, ternyata saat tergores bisa menjadi lebih berbahaya, karena rawan berlanjut ke radang konjungtiva.

Bakteri ikut masuk ke dalam luka memicu timbulnya radang konjungtiva di kucing, sehingga membuatnya menjadi perih hingga panas. Radang konjungtiva biasa ditandai dengan keluarnya cairan bening di bagian pinggir mata, sebagai upaya membersihkan dan meringankan rasa sakit.

2. Mata Kucing Ada Cacing

Salah satu penyebab sering terjadinya mata kucing kotor yaitu adanya cacing di bagian dalamnya, walaupun ukurannya tergolong kecil, tapi masih bisa terlihat tanpa alat bantu. Cacing mampu menyebabkan gatal atau mengganggu sistem penglihatan.

Jika kalian melihat cacing ini segera bawa ke dokter hewan, hal tersebut karena penyakit cacing di mata kucing tergolong serius, serta cukup berbahaya karena mencangkup organ vital.

3. Nasolaccrimal Occlusion

Nasolaccrimal adalah penyakit pemicu gangguan di organ pengeringan mata dari air. Dalam tubuh meong terdapat sistem pengatur waktu kapan cairan di indra penglihatan keluar dan berhenti, Jika organ tersebut bermasalah, maka air akan keluar secara berlebihan, atau bahkan tidak keluar.

4. Kurangnya Menjaga Kebersihan

Ini hal utama yang sangat umum sebagai penyebab penyakit yakni kurangnya menjaga kebersihan, jadi jangan bosan membersihkannya. Semakin bersih kondisi tubuh maka akan membuat hewan piaraan terhindar berbagai macam penyakit, serta memiliki umur panjang.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments