Penyebab Kucing Muntah Cacing

Penyebab kucing mengalami muntah sangat beragam sekali, cacing adalah salah satunya. Muntah cacing adalah gejala klinis berupa keluarnya cacing beserta dengan makanan atau cairan yang dikeluarkan oleh kucing.

Biasanya cacing keluar dalam kondisi masih hidup, hal ini bisa dilihat dari tubuhnya bergerak menggeliat. Keluarnya cacing beserta muntahan dapat di asumsikan bahwa kucing sedang terkena penyakit cacingan yang tergolong parah.

Jenis cacing yang biasa menyebabkan kucing cacingan adalah roundworm. Roundworm merupakan nama lain dari cacing gelang, mempunyai warna putih sedangkan panjangnya berkisar antara 2 – 12 centi meter. Terdapat juga spesies selain cacing gelang yang dapat menyebabkan kucing cacingan antara lain Toxascaris Leonine, Toxocara Canis dan Toxocara cati.

Kucing dapat dengan mudah terkena cacingan karena beberapa kondisi, Saat terinfeksi cacing akan hidup di dalam tubuh inangnya (kucing). Cacing tergolong hewan parasit memakan kandungan nutrisi inangnya sehingga membuat tubuh kurus sehingga membuatnya terlihat kekurangan gizi. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kucing muntah cacing :

1. Kurang Menjaga Kebersihan

Cacing gelang sebagai penyebab utama muntah sangat suka hidup di tempat kotor atau lembab. Kurangnya menjaga kebersihan akan membuat kucing mudah terjangkiti cacingan. Kondisi cacingan semakin parah akan membuat cacing ikut terbawa keluar saat mengalami muntah – muntah.

2. Kurangnya Pemberian Obat

Pemberian obat cacing seharusnya dilakukan sejak usia dini, umur tepat mulai memberi obat ketika usianya menginjak 5 minggu. Pemberian dapat dilakukan secara rutin setiap 4 minggu sekali hingga kucing berusia 1 tahun.

Setelah berusia 1 tahun tingkat imunitas kucing menjadi lebih kuat sehingga, hanya berikan setiap 2 – 3 bulan sebagai pencegahan terkena muntah sembarangan.

3. Induk Cacingan

Infeksi cacing ternyata juga bisa menular ke kitten melalui keturunan. Cacing dapat menghasilkan larva berukuran sangat kecil sehingga memudahkannya menyusup ke dalam pembuluh darah.

Larva akan mengikuti aliran pembuluh darah sehingga membuatnya ikut masuk ke dalam janin. Air susu dari indukan terkena cacingan juga dapat menyebabkan kitten tertular ketika sedang menyusui. Ukuran Larva yang kecil membuat larva dapat membaur dengan susu.

4. Kutu/Tungau

Kucing gemar menjilati bagian bulu sebagai cara membersihkan tubuhnya, Seringkali telur kutu ikut terjilat terbawa ke dalam tubuh. Saat terbawa biasanya telur akan menetas serta tumbuh di bagian usus. Alhasil hal ini akan menciptakan parasit baru yang berkembang biak di dalam tubuh kucing,

Semoga bermanfaat. (aks)


Post Terkait

Comments