Penuhi Dulu 5 Syarat, Sebelum Pelihara Kucing

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tentunya akan memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan. Seperti halnya dalam memelihara kucing, bisasanya apapun akan dilakukan untuk memberikan yang terbaik.

Sebab, dalam memelihara hewan peliharan yang paling penting adalah menanyakan  kepada diri sendiri, apakah sudah mampu merawat hewan peliharaan atau belum.

“Jadi, jangan sampai kucing tersebut tidak terjamin kesehatannya,” ujar drh. Sugeng Dwi Hastono, pemilik Klinik Amanah Veterinary Service di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Menurut dokter hewan ini, selain komitmen dan tanggung jawab dalam memelihara kucing, ada lima hal lainnya yang harus dipenuhi oleh sang pemilik kucing tersebut, agar kucing itu merasa sejahtera dan sehat.

Pertama, kucing harus terbebas dari rasa lapar dan haus. Jadi pemilik perlu memberikan makanan yang cukup gizi, bukan cuma makanan yang banyak saja.

Kedua, dengan memperhatikan makanannya saja, tidaklah cukup. Sebab, hewan peliharaan juga harus terbebas dari penyakit dan luka. Jadi, apabila hewan peliharaan mengalami luka, segera diobati.

Ketiga, hewan kesayangan juga perlu mendapatkan vaksin dan perawatan lainnya.

Keempat, menurut drh. Sugeng, pemilik kucing harus memberikan rasa aman supaya tidak tertekan hewan kesayangannya. Misalnya, tidak dibenarkan memelihara kucing dalam kandang selama 1X24 jam atau kandang yang terlalu sempit.

“Kucing itu jenis hewan yang rentan stres. Jadi, sebisa mungkin harus terhindar dari stres  dan memberikan rasa nyaman agar kucing itu merasa sehat dan harus terbebas dari debu,” katanya.

Syarat kelima, kata drh. Sugeng, sebagai pemilik kucing harus memberikan kebebasan untuk berekspresi pada kucingnya. Kucing harus bebas berlari dan bermain.

“Kelima syarat ini berlaku untuk setiap orang yang hendak memelihara semua hewan, tak hanya kucing tapi juga untuk jenis hewan lainnya,” ujarnya. (Abdul Kholis)

Sumber: Vetnews.co

Foto ilustrasi : www.meongku.com


Post Terkait

Comments