Peluang Besar di Bisnis Pet Shop

Seperti halnya di bisnis lain, saat ini bisnis pet shop juga masih menguntungkan. Yang penting, rajin-rajin cari tahu rahasia sukses pet shop besar. Gali trik bisnis yang mereka lakukan selama ini. Inilah yang dilakukan Dian Murdianingsih, pemilik Jak Petz.

Berbekal hobi memelihara hewan sejak kecil, Dian Murdianingsih sukses menggeluti bisnis pet shop dan perawatan hewan. Kunci suksesnya adalah memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Sejak kecil Dian memiliki hobi memelihara binatang. Karena itu ia rajin berkunjung ke pet shop dan tempat-tempat perawatan hewan. Dari kebiasaan tersebut, ia tertarik mencoba memulai bisnis pet shop dengan membuka Jak Petz yang  berbagai barang kebutuhan pemeliharaan hewan, mulai dari peralatan hingga pakan.

Pada tahun 2001, atas saran dan permintaan pelanggan, ia kemudian membuka layanan salon hewan.  Sekitar tahun 2005, atas permintaan pelanggan, Dian dengan membuka layanan jasa pet relocation, yaitu jasa pemindahan hewan dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya.

Kebanyakan pelanggan  yang merupakan warga negara asing di Jakarta ternyata kesulitan memindahkan hewan mereka ketika berpindah tugas.

Pendataan pelanggan

Harga jasa dan barang yang diberikan diakui oleh Dian masih  tergolong mahal, namun itu diimbangi dengan memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik. Misal, melakukan pendataan pelanggan.

Selain untuk mendata pembelian mereka – sehingga ketika mereka berbelanja kembali pihaknya sudah tahu kebutuhan mereka, catatan tersebut juga membantu mengingatkan jadwal para pelanggan untuk melakukan perawatan hewan mereka.

Untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mengenai perawatan hewan, Dian membekali diri dengan banyak mengikuti seminar. Pengetahuan yang ia dapatkan dari kegiatan tersebut kemudian ditularkan kepada karyawan.

Kunci utama kesuksesan bisnis Jak Petz adalah berusaha sebaik mungkin membuat pelanggan nyaman. Dian juga membuka layanan pesan antar untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Dalam layanan pesan antar tersebut Jakpetz memberikan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

Kenyamanan lain yang  diberikan adalah dengan menyediakan tempat perawatan yang higienis dan bersih. Karena dalam bisnis perawatan hewan, kebersihan merupakan hal nomor satu yang dicari pelanggan.

Selama masih banyak orang yang hobi memelihara hewan, bisnis pet shop dan perawatan hewan masih menjanjikan. Keuntungan yang bisa diraih dari bisnis ini adalah sekitar 20% hingga 30%.

Bagi yang ingin membuka bisnis pet shop serta layanan perawatan hewan, sebaiknya perbanyak jenis produk, meskipun kuantitasnya masih terbatas. Sehingga ketika pelanggan datang, banyak pilihan yang mereka dapatkan. Selain itu, jaga komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka merasa nyaman dan loyal (Abdul Kholis).

Sumber: http://www.readersdigest.co.id/


Post Terkait

Comments