Pahami Karakternya, Jika Ingin Pelihara American Curl

 Pernah dengar kucing American Curl? Hewan ini salah satu ras kucing akibat mutasi genetik alami yang berasal dari Lakewood, California, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, American Curl memiliki ciri khas pada bentuk telinganya, yaitu berbentuk menyerupai tanduk dan telinganya melengkung.

 Ras ini bertubuh medium dan berbulu panjang maupun pendek. Karena keunikannya, kucing domestik Amerika ini dikembangbiakkan oleh cat lover di Amerika Serikat (California) sejak ditemukan pada tahun 1981.

Joe dan Grace Ruga, pecinta kucing yang tinggal di Lakewood, California, tercatat dalam ensiklopedi wikipedia.org sebagai penemu dan pengembangbiak pertama kucing yang unik ini.

 Awalnya, Ruga Family menemukan 2 ekor kucing unik ini dan diberi nama Shulamit dan Panda. Keduanya berbulu panjang (longhair). Shulamit berwarna hitam dan Panda berwarna hitam putih.

Namun, yang tercatat sebagai penerus ras hanyalah Shulamit. Ciri utamanya adalah bentuk telinga yang keriting (curl) atau melengkung/melipat ke belakang.

Namun untuk urusan telinga American Curl ini, para cat lover harus hati-hati. Sebab,  penanganan yang kasar dapat merusak tulang rawan telinga.

Jenis kucing American Curl ini memiliki karakter lembut, ramah, dan hangat. Mereka senang bila diajak beraktivitas bersama pemiliknya, yang mereka anggap sebagai kegiatan bermain.

Kucing ini juga sangat loyal, cepat beradaptasi dengan orang yang baru dikenalnya, membuat kucing ini sangat menyenangkan. Selain itu, tidak perlu khawatir, karena aman bagi anak-anak bila ingin bermain dengannya.

Pada tahun 1986, ras ini mulai diperkenalkan melalui ajang cat show . Dan pada tahun 1992, ras American Curl memperoleh status juara di ajang cat show yang diadakan oleh organisasi The International Cat Association (TICA).

Pamor American Curl kian melesat setelah Cat Fancier’s Association (CFA) mengakuinya pada tahun 1999, dengan jadi generasi pertama jenis kucing baru yang diterima oleh asosiasi tersebut. Pengakuan ini, lantas dibuatlah standar kesempurnaan ras tersebut dan diberi nama American Curl.

Saat lahir, anak kucing American Curl ini telinganya masih tegak. Setelah berusia sekitar 82 hari, telinganya mulai melengkung. Namun, tidak semua anak kucing memiliki telinga melengkung.

Sekitar 50% nya memiliki telinga melengkung, sedangkan sisanya telinganya normal. Begitu pula pada pengembangbiakan selanjutnya. Peluang menghasilkan telinga yang melengkung  sekitar 50% dari setiap kelahiran anak kucing tersebut.

Karakteristik

Berat badan American Curl berkisar sekitar 2 - 5 kg. Memiliki dua versi, yaitu versi bulu panjang dan versi bulu pendek. Namun keduanya sama-sama memiliki bulu yang lembut dan halus. Telinganya sangat lunak, lembut, dan tulangnya dapat dengan mudah patah, sehingga perlu berhati-hati.

Setelah berusia lebih dari 82 hari, sebagian anakan memiliki telinga yang melengkung. Setelah usia 4 bulan, telinga yang melengkung akan menjadi keras dan kaku.

American Curl yang boleh diikutkan kontes kucing adalah yang memiliki lengkungan telinga dengan sudut 900° - 180°. Namun jika melengkungnya sampai menyentuh kepala, akan didiskualifikasi dalam kontes kucing.

Dari sisi kesehatan, pada umumnya kucing ras American Curl tidak mempunyai masalah yang serius. Namun demikian, perlu diperhatikan bagian telinganya, perlu perawatan rutin untuk membersihkan telinganya.

Telinganya yang berbentuk keriting dan sedikit terbuka beresiko terkena infeksi telinga apabila jarang dibersihkan.

Kucing jenis ini cocok menjadi kucing peliharaan, karena karakternya. Di Indonesia sudah ada yang memelihara sejak tahun 2010. Hingga saat ini, ada banyak cattery yang sudah mengembangbiakkan. Tak sedikit pula cat lover yang sudah mengadopted jenis kucing ras yang satu ini. (Aks)

Sumber : majalah Kitty&Me


Post Terkait

Comments