Pahami Fase Pemberian Makan pada Anak Kucing yang Baru Lahir

Sama dengan bayi, fase pertumbuhan anak kucing juga banyak mengalami pertumbuhan pada tahun pertama kehidupannya.

Seperti dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (10/6/2021), jenis makanan dan berapa banyak yang dikonsumsi anak kucing secara langsung dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangannya.

Dengan memiliki jadwal makan yang tepat, Anda dapat memantau pertumbuhan anak kucing dan memastikan mereka menerima nutrisi tepat. Nah, berikut ini fase pemberian makan pada anak kucing yang baru lahir.

Jadwal pemberian makan minggu pertama 

Seekor anak kucing biasanya memiliki berat sekitar tiga hingga 3,7 ons saat lahir dan akan bertambah berat dengan cepat dari menyusui.

Selama beberapa minggu pertama kehidupannya, anak kucing yang baru lahir akan bergantung sepenuhnya pada induknya untuk mendapatkan nutrisi atau asupan makanan. 

Mata dan telinganya tertutup rapat saat lahir sehingga anak kucing akan bergantung pada feromon yang dikeluarkan ibunya untuk menemukan susu dan kehangatan.

Sebagian besar anak kucing akan baik-baik saja tanpa campur tangan manusia. Namun, jika anak kucing perlu diberi susu botol karena sang induk tidak bisa menyusui atau sakit, Anda harus menimbang anak kucing secara teratur. 

Hal ini guna memastikan beratnya sehingga mengetahui tingkat pertumbuhan yang sehat dan normal pada anak kucing.  

Seekor anak kucing akan menyusu selama sekitar 45 menit setiap dua hingga tiga jam selama minggu pertama kehidupannya. Sebagian besar waktunya akan dihabiskan untuk tidur.

Anak kucing yang diberi susu botol harus mengonsumsi sekitar satu sendok makan atau 15 mililiter susu formula khusus kucing setiap kali menyusui. 

Pada akhir minggu pertama, saluran telinga anak kucing akan terbuka. Begitu pun berat badannya bertambah menjadi sekitar empat ons bila makan dengan benar.  

Pertambahan berat badan harus dipantau menggunakan timbangan gram seperti jenis yang digunakan untuk menimbang makanan di dapur.

Jadwal pemberian makan minggu kedua dan ketiga 

Anak kucing berusia dua hingga tiga minggu masih perlu diberi makan setiap dua sampai tiga jam dan harus mengonsumsi setidaknya setengah sendok makan susu setiap kali makan.

Jika anak kucing menyusui dari induknya, Anda harus memantau berat badan anak kucing untuk mengetahui apakah ia cukup makan atau tidak. 

Pada hari ke delapan hingga 18, berat badan anak kucing akan meningkat menjadi sekitar 10 ons dan mulai merangkak tak lama setelah matanya terbuka.

Pada akhir minggu ketiga, anak kucing sudah dapat berdiri dan mulai berinteraksi dengan teman-temannya. Bermain, menggigit telinga, gulat, dan mengeksplorasi perilaku akan dimulai dan merupakan bagian penting dari sosialisasi.

Minggu keempat dan kelima 

Selama minggu keempat dan kelima, anak kucing secara perlahan akan meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsinya dalam satu kali makan.

Anda dapat menyediakan semangkuk susu atau makanan kucing cair lainnya agar anak kucing dapat mulai minum. 

Pada akhir minggu keempat sampai kelima, anak kucing harus memiliki berat sekitar 14-16 ons. Menjelang akhir minggu kelima, Anda harus menyajikan lebih banyak makanan kepada anak kucing.

Makanan harus memiliki tekstur cair atau seperti bubur dengan menggunakan lebih sedikit air dari makanan kucing kalengan selama beberapa minggu.

Jadwal pemberian makan minggu keenam

Pada usia enam minggu, anak kucing harus mengonsumsi makanan dengan tekstur bubur empat kali sehari dan mengurangi menyusui.

Namun, tekstur bubur harus dikurangi pemberian airnnya dan mulai memperkenalkan makanan kucing kering bersama dengan semangkuk air.  

Jika Anda memiliki banyak anak kucing, pastikan menyediakan beberapa mangkuk makanan kucing kalengan dan kering agar anak kucing tidak agresif atau berebut makanan.

Minggu ketujuh dan kedelapan 

Pada minggu ketujuh dan kedelapan sesi menyusui sudah mulai terbatas, tapi masih diperbolehkan sampai anak kucing berusia dua bulan dengan asumsi mereka mengonsumsi makanan kucing yang disediakan sebanyak tiga kali sehari. 

Pemberian makan di atas usia delapan minggu 

Setelah anak kucing berusia lebih dari delapan minggu, mereka harus diberi makan dua kali sehari dengan makanan anak kucing normal.

Makanan padat seharusnya tidak menjadi masalah bagi anak kucing seusia ini, tetapi mereka mungkin masih mencoba menyusui sesekali. 

Pada usia delapan dan sepuluh minggu, anak kucing harus disapih sepenuhnya dan bersiap untuk meninggalkan induknya.

Vaksinasi pertama biasanya diberikan pada usia sekitar delapan minggu. Jadi, ketika anak kucing mengunjungi dokter hewan, Anda dapat yakin bahwa mereka telah tumbuh dengan baik.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments