Menhub Budi Karya: PDHI Harus Wujudkan Payung Hukum Untuk Dokter Hewan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sambutan dalam HUT ke-68 PDHI, Sabtu (9/1/2021), secara daring.

“Dalam ulang tahun ke-68 ini, PDHI sampai saat ini belum punya payung hukum. PDHI harus mewujudkan payung hukum untuk dokter hewan dengan sejumlah undang-undang,” katanya.

Perwakilan pemerintah adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi karena mitra PDHI yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berhalangan hadir luring dan daring karena sedang kunjungan kerja.

Budi Karya menyampaikan sambutan secara daring dalam acara tersebut. Budi Karya mengatakan, Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang harus disyukuri dan dijaga oleh dokter hewan. PDHI diharapkan berperan memperkuat profesi dokter hewan di Indonesia. PDHI juga diharapkan berkomitmen penuh membina profesi dokter hewan.

“Kementerian Perhubungan mendukung distribusi ternak dan daging melalui tol laut. Ini komitmen pemerintah memberi layanan masyarakat dalam penyediaan ternak dan daging. Kami berharap itu dapat didukung PDHI untuk menyediakan bahan pakan ternak yang berkualitas baik,” kata Budi Karya.

Pamor dokter hewan makin dikenal. Hewan saja kita muliakan, apalagi manusia. Walaupun seperti berseloroh, tetapi punya nilai sendiri untuk mengangkat nilai dokter hewan di tengah masyarakat.

Gubernur Bengkulu Drh Rohidin Mersyah juga menyampaikan sambutan daring dari Bengkulu. Ia berterima kasih kepada Ketua Umum PB PDHI Drh M Munawaroh yang membuat lompatan besar sehingga PDHI makin dikenal masyarakat, termasuk di daerah.

“Dulu kita tidak membayangkan punya gedung sendiri. Melalui tangan dingin Pak Munawaroh Grha Dokter Hewan bisa kita wujudkan. Pamor dokter hewan makin dikenal. Hewan saja kita muliakan, apalagi manusia. Walaupun seperti berseloroh, tetapi punya nilai sendiri untuk mengangkat nilai dokter hewan di tengah masyarakat,” kata Rohidin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengajak PDHI berkolaborasi karena ada sejumlah program terkait kesehatan hewan, seperti penyembelihan hewan yang sesuai kesejahteraan hewan dan daging layak konsumsi. “Saya akan sowan ke Grha Dokter Hewan karena banyak hal bisa dikolaborasikan,” katanya. (aks)


Post Terkait

Comments