Mengenalkan Kucing ke Anjing Agar Akur

Ketika kamu memiliki hewan peliharaan kucing di rumah, lalu ingin menambah hewan peliharaan anjing, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Memperkenalkan anjing ke kucing bisa menegangkan bagi pemilik hewan peliharaan. Sebab, seperti tokoh Spike dan Jerry di film kartun Tom & Jerry, Spike dalam film kartun tersebut selalu bertengkar dan menyerang si kucing Tom. Pertengkaran keduanya pun tak terelakkan. 

Tentunya kondisi ini tak ingin kamu alami pada hewan peliharaan kesayanganmu di rumah. Melansir dari Better Homes & Gardens pada Jumat (17/9/2021) berikut ini tips memperkenalkan anjing dan kucing dengan tepat dan tenang.

Batasi kucing selama tahap awal pengenalan

Sebisa mungkin batasi pergerakan kucing selama tahap awal pengenalan agar ia merasa nyaman dan tida stres saat anjingmu memasuki atau tinggal di rumahmu. Biarkan anjing berkeliaran keluar masuk pintu rumah selama beberapa hari di awal perkenalan.

Hal ini akan membuat kucing merasa aman saat mempelajari bau dan suara anjing. Pastikan kucing memiliki semua yang ia butuhkan selama pergerakannya dibatasi. Jangan lupa untuk sering menemaninya bermain atau sekadar mengelusnya.

Kurung dalam satu tempat terbuka

Selanjutnya, kamu bisa menempatkan anjing dan kucing dalam satu ruangan terbuka dan membiarkan mereka saling melihat untuk menyadari kehadirannya masing-masing. Kamu bisa memberikan keduanya makanan di sisi berlawanan atau berdekatan untuk interaksi yang lebih positif. Tingkatkan durasi waktu yang dihabiskan bersama secara bertahap.

Berikan lebih banyak waktu bersama

Setelah mereka tampak lebih nyaman (atau tidak tertarik) satu sama lain, izinkan mereka bersama, tetapi pastikan anjing dalam keadaan terikat hingga akhirnya keduanya benar-benar nyaman ketika bersamaan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments