Mengenali Rantai Makanan Burung Elang di Alam Liar

Pastinya kita sudah mengetahui apa maksud dari rantai makanan di sebuah ekosistem yang ada pada saat kita duduk di bangku sekolah.

Dari definisinya, sebuah rantai makanan adalah proses di mana makhluk hidup saling memangsa untuk bertahan hidup. 

Nah, di dalam rantai makanan, ada beberapa komponen penting untuk mendukungnya seperti, produsen, konsumen dan pengurai.

Pada kasus ini, kita akan membahas di bagian manakah burung elang menjadi elemen dalam suatu rantai makanan?

Burung elang mempunyai habitat di berbagai macam tempat. Mereka bisa hidup di dataran tinggi maupun di dataran rendah, di daerah yang lembab maupun daerah yang kering tergantung jenis burungnya.

Misalkan kita akan mengambil contoh pada suatu ekosistem sawah, dimana burung elang juga bisa hidup di dalamnya. Sebuah rantai makanan akan menggambarkan bentuk rantai seperti ini.

Padi - tikus - ular sawah - elang - pengurai

Pada contoh diatas, padi sebagai produsen yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Lalu sebagai konsumen pertama ada tikus. Tikus akan dimangsa oleh ular sawah untuk bertahan hidup.

Lalu posisi burung elang ada adalah konsumen ketiga dimana ia akan memakan ular sawah untuk kelangsungan hidupnya. Saat elang mati, ia akan jatuh ke tanah dan akan terurai oleh bakteri.

Jadi, rantai makanan yang terjadi pada sebuah ekosistem di sawah menempatkan burung elang sebagai konsumen ketiga. Pada ekosistem yang lain, mungkin saja burung elang menjadi konsumen pertama atau kedua.

Itu semua tergantung dengan ekosistem dimana tempat burung elang tinggal.

Itulah dia daftar makanan burung elang yang paling baik yang bisa kamu berikan pada burung elang yang akan kamu pelihara.

Selalu ingat, bahwa burung elang dasarnya adalah hewan liar yang berada di alam bebas, sehingga dalam pemeliharaannya butuh pembiasaan dan juga ketelatenan.

Selain itu, rawatlah dengan baik dan juga kawinkan agar elang tersebut memiliki keturunan. Hal ini supaya elang tidak punah karena memang kini spesies burung elang sudah terhitung cukup langka. 

Semoga bermnfaat.(aks/sumber: www.petpintar.com)


Post Terkait

Comments