Menangani Anjing Betina Pada Masa Birahi

Tak hanya anjing jantan, anjing betina juga mengalami birahi. Siklus birahi pada anjing merupakan sesuatu yang normal dan alami dalam tahapan perkembangbiakannya.

Bagaimanakah siklus birahi pada anjing betina berlangsung? Dan, bagaimana perilaku anjing betina ketika ia sedang birahi?

Masa birahi memiliki nama lain yang disebut estrus atau dalam bahasa inggris sering disebut dengan heat. Siklus estrus pada anjing terjadi ketika anjing mencapai usia pubertas yaitu sekitar 6 - 24 bulan, tergantung dari jenis anjingnya. Anjing ras kecil dapat mengalami estrus pertama lebih cepat, mulai dari usia 5 bulan.

Sedangkan anjing ras besar umumnya mengalami masa estrus pertama lebih lambat, kurang lebih ketika telah berumur setahun. Beberapa ras anjing besar bahkan tidak mendapat estrus pertama sampai ia berusia 18 - 24 bulan. 

Berdasarkan hitungan siklus birahi, anjing akan mengalami masa estrus sebanyak dua kali dalam setahun. Satu siklus birahi terjadi sekitar 6 - 7 bulan.

1. Proestrus

  • Uterus bersiap untuk kehamilan
  • Anjing jantan akan tertarik pada betinanya, namun anjing betina akan menolak untuk dikawinkan
  • Dimulai ketika terjadi perdarahan vagina dan berakhir pada masa estrus (anjing betina mengijinkan pejantan untuk mengawininya)
  • Terjadi sekitar 6 - 11 hari, umumnya 9 hari
  • Ciri : menstruasi, betina menolak untuk kawin, vulva mulai membengkak
  • Proestrus akan sulit dideteksi apabila anjing betina sering membersihkan diri atau memiliki bulu yang panjang
  • Menstruasi berhenti ketika mulai memasuki hari-hari terakhir. Perdarahan akan berhenti atau hanya berupa cairan bening

2. Estrus

  • Ovarium dan uterus siap untuk kehamilan
  • Estrus berlangsung selama 5 - 9 hari atau lebih, tergantung jenis anjingnya
  • Ciri : betina mengijinkan pejantan untuk mengawininya, vulva bengkak dan kemerahan, keluar lendir berwarna kekuningan

3. Diestrus

  • Berlangsung sekitar 56 – 58 hari pada anjing yang bunting dan 60 – 100 hari pada anjing yang tidak bunting
  • Ciri : betina menolak untik kawin, vulva kembali ke ukuran semula

4. Anestrus

  • Masa istirahat, tidak akan mengalami estrus
  • Berlangsung selama 1 - 3 bula

Lantas, apa yang harus dilakukan pada anjing betina estrus?

Pada masa proestrus, betina akan mulai banyak bermain dengan anjing jantan namun ia akan menolak untuk dikawinkan. Pada masa estrus, bau dari betina dapat dicium oleh anjing jantan hingga radius 1 km yang menandakan si betina sudah siap kawin. Anjing betina pun akan mulai memberikan tanda pada anjing jantan bahwa ia siap untuk dikawinkan. Betina tidak akan lagi menolak untuk kawin. Namun apabila Anda tidak berniat untuk mengawinkannya, jauhkan anjing betina Anda dari anjing-anjing jantan.

Anjing betina yang baru pertama kali mengalami birahi biasanya tidak akan dikawinkan terlebih dahulu sampai masa estrus berikutnya datang lagi. Hal ini untuk memastikan bahwa anjing betinanya benar-benar siap terhadap kehamilan dan menghindari resiko yang tidak diinginkan pada kehamilan pertamanya.

Apabila Anda berencana untuk mengawinkan anjing kesayangan Anda, catatlah waktu birahinya sehingga dapat memudahkan Anda dalam perkawinannya. Mencatat siklus birahi akan membuat Anda tahu kapan anjing betina Anda mengalami estrus dan kapan waktu terbaik untuk mengawinkannya.

Steril Anjing Betina

Steril atau yang biasa disebut dengan kebiri adalah hal yang dapat Anda lakukan apabila Anda tidak menginginkan anjing betina Anda hamil secara permanen. Steril pada anjing betina dilakukan dengan pengangkatan ovariumnya melalui operasi kecil, sehingga anjing betina tidak dapat menghasilkan sel telur.

Hal ini akan membuat si betina mandul sehingga Anda tidak perlu khawatir anjing betina Anda hamil. Steril pada anjing betina juga akan menghilangkan siklus birahinya. Steril merupakan cara yang paling aman untuk mencegah anjing betina Anda bunting. Tidak hanya itu, perlakuan steril dapat mengurangi 85% resiko kanker pada organ reproduksinya.

Jaga Metabolisme Anjing Breeding

Tentunya, anjing yang dipelihara untuk breeding sangat dinantikan kehamilannya. Untuk mendapatkan kehamilan dengan puppies yang sehat, anjing betina harus diberi asupan nutrisi yang tinggi dan lengkap.

Tidak lupa juga suplemen untuk menjaga sistem metabolisme tubuhnya tetap terjaga. Suplemen juga dibutuhkan ketika anjing memasuki masa birahi, baik jantan maupun betinanya agar perkawinannya berhasil. Keadaan tubuh anjing jantan dan betina haruslah sehat dan fit. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments