Memahami Karakter dan Cara Memelihara Anjing Pitbull

Anjing Pitbull merupakan jenis hewan peliharaan yang cukup populer karena ciri khasnya yang cukup unik. Tubuh anjing ini cukup besar berotot, dengan kaki pendek, kepala besar, wajah gahar, sangat aktif dan tatapan yang sangat mengintimidasi.

Dengan melihat tampilannya, banyak orang yang menganggap mereka sebagai anjing galak, sangat agresif dan suka menyerang tanpa alasan yang jelas. Padahal di balik tampangnya yang ‘menyeramkan’, anjing Pitbull ternyata sangat penyayang.

Sebagai informasi, anjing Pitbull sebenarnya bukan ras murni, melainkan karakteristik fisik tertentu yang mirip seperti American Staffordshire Terrier, Pit campuran, dan American Pitbull Terrier. Kebanyakan jenis yang ada di Indonesia merupakan keluarga American Pitbull Terrier.

Selain itu, American Pitbull Terrier sendiri kebanyakan merupakan hasil dari kawin silang antara Bulldog dan Terrier. Kawin silang inilah yang menghasilkan karakter dan bentuk fisik yang unik.

Karakter lainnya yang cukup menonjol adalah, anjing Pitbull sangat mudah dilatih sebagai petarung. Bukan hanya karena ciri khas fisiknya, tapi juga karena sifatnya yang setia, mudah beradaptasi dan punya tanggung jawab yang sangat tinggi.

Anjing ini bisa dijadikan sebagai sahabat setia dan menyenangkan. Namun ingat, sifat utama mereka ini sangat lembut, jangan khawatir mereka akan bersikap agresif dan menyerang anjing lain demi mempertahankan wilayahnya. Anda hanya perlu melakukan penyesuaian saja.

Fakta lainnya yang wajib diketahui, anjing ini memang terlihat garang dengan rahang yang besar.

Tapi faktanya, Association of Professional Dog Trainers menyebut kekuatan gigitan anjing Pitbull masih kalah jauh dari Siberian Husky, Rottweiler, German Shepherd, Doberman, dan Great Danes.

Cara Merawat Anjing Pitbull

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, anjing Pitbull sebenarnya sangat mudah dilatih. Anda bahkan tidak perlu menyediakan kandang khusus, terlebih jika sudah dirawat sejak kecil atau puppy. Yang penting rutin untuk memperkenalkan dengan lingkungan dan orang-orang disekitarnya.

Selain itu, berikut merupakan trik merawat anjing pitbull agar tumbuh dengan baik, lebih bersahabat, dan bisa jadi sahabat terbaik bagi orang-orang disekitarnya.

  1. Ajarkan Hal Yang Positif

Anjing Pitbull punya kekuatan yang sangat besar. Memberi hukuman berupa kurungan, dirantai atau hukuman fisik lainnya tidak akan efektif.

Anda harus mencari pendekatan lain untuk membuat mereka patuh, misalnya dengan sistem reward, clicker atau pelatihan berbasis penghargaan lainnya.

Seperti dijelaskan di atas, mereka merupakan jenis anjing yang suka belajar dan senang melakukan sebuah trik untuk mendapatkan hadiah.

  1. Ajarkan Bertingkah Laku Baik pada Hewan Lain

Sama seperti jenis anjing lainnya, Pitbull sangat protektif dengan wilayahnya, setia dan bersikap melindungi.

Hal inilah yang membuat mereka tidak akan segan menyerang siapapun yang dianggap berbahaya, atau mmbahayakan orang orang yang ilinunginya.

Untuk mengatasinya, ajarkan mereka untuk fokus hanya kepada Anda, misalnya dengan mengatakan, “fokus, lihat sini”, atau kalimat perintah lainnya.

  1. Perhatikan Makanan

Sebenarnya anjing Pitbull tidak rewel dalam urusan makanan. Namun Clinical Nutrition Service, menyarankan agar Anda memberikan pakan basah, seperti makanan kalengan agar mereka bisa lebih mudah saat mengunyahnya, serta kandungan airnya yang sangat tinggi.

Namun tergantung dari tujuan pelatihan Anda. Jika ingin menjadikan anjing tersebut sebagai anjing penjaga, memberi daging utuh bisa jadi pilihan agar kekuatan rahang mereka tetap terlatih

  1. Ajak Bermain

Anjing Pitbull sangat aktif dan suka berlari. Maka dari itu, membiarkan mereka diam lama dalam kandang atau terus rantainya hanya akan membuat mereka stress.

Maka dari itu, penting untuk mengajaknya berjalan-jalan, setidaknya 2-3 kali dalam sehari.

Anda pun bisa mengajaknya bermain, misalnya permainan lempar tongkat, dan lainnya. cara ini akan membuat hubungan dan kepercayaan mereka lebih tinggi.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber:www.caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments