Kebenaran Tentang Anjing Dapat Mendeteksi Kehamilan pada Manusia

Memelihara anjing di rumah menjadi pengalaman berharga. Anjing tak hanya menjadi hewan peliharaan, tapi juga sahabat terbaik seumur hidup, bahkan seperti keluarga sendiri. 

Salah satu karakter yang menarik dari anjing adalah memiliki indra penciuman dan insting yang tajam. Tak heran, anjing dapat mengetahui keberadaan orang asing di sekitar rumah. 

Bahkan, saking tajamnya, anjing disebut-sebut dapat mengetahui kehamilan pada manusia dengan mendeteksi beberapa perubahan melalui aroma.

Saat hamil, tubuh manusia mulai berubah, dimulai dari perubahan hormon. Saat perubahan hormonal terus terjadi, aroma tubuh menjadi berbeda dalam prosesnya.

Perubahan ini dapat dicium dan dirasakan anjing peliharaan. Apakah anjing benar-benar dapat mengetahui kehamilan? 

Beberapa orang mengatakan ya. Namun, penting dicatat bahwa persepsi ini belum didukung data ilmiah apa pun. Nah, dilansir dari Petkeen, Minggu (5/11/2022), berikut penjelasan lengkap tentang kebenaran anjing dapat mendeteksi kehamilan pada manusia. 

Bagaimana anjing dapat mendeteksi kehamilan pada manusia?

Ikatan antara manusia dan anjing peliharaan adalah tentang aroma. Seekor anjing jatuh cinta dengan aroma alami Anda saat bersama.

Semakin Anda terikat, semakin akrab aromanya dengan anjing peliharaan. Anjing dapat mencium Anda di mana saja dan tahu ada di sekitarnya. 

Namun, kehamilan menandai periode perubahan dalam kehidupan seorang wanita. Tubuh  harus membuat perubahan tertentu untuk mengakomodasi kehidupan baru si janin dalam rahim Anda. 

Prosesnya mencakup banyak perubahan hormonal yang mempengaruhi aroma alami tubuh Anda. 

Suatu hari, anjing peliharaan mencium Anda dan menyadari ada sesuatu yang berbeda. Mereka memahami bahwa tubuh Anda berubah secara signifikan. Perubahan penampilan dan perilaku membantu anjing mengonfirmasi ketakutannya.

Hormon kehamilan segera dimulai. Ini tidak hanya mempengaruhi aroma tubuh, tetapi juga  perilaku dan penampilan Anda.

Misalnya, Anda menghasilkan gonadotropin pada minggu kedua setelah pembuahan berhasil. Hormon ini sangat penting karena itulah yang digunakan dokter untuk mengonfirmasi kehamilan dari sampel darah atau urine Anda.

Aroma tubuh Anda juga diubah oleh beberapa hormon lain seperti prolaktin yang merangsang payudara untuk memproduksi susu serta relaxin yang bertanggung jawab mengendurkan ligamen dan otot tubuh Anda saat bersiap untuk melahirkan.  

Selanjutnya, hormon progesteron yang bertanggung jawab untuk merasa lelah. Namun, hormon ini penting karena efeknya pada rahim membantu menjaga lingkungan yang mendukung perkembangan janin.

Hormon kehamilan dapat mempengaruhi aroma alami Anda, bahkan jika tidak memperhatikan perubahan ini.

Perubahan hormon ini juga mempengaruhi perasaan dan suasana hati Anda. Sahabat bulu tidak hanya mencium perubahan aroma, tetapi juga mengamati perubahan perilaku. Ingat, anjing cukup jeli dan akan mengatakan ada sesuatu yang salah.  

Perubahan emosi dan rutinitas

Saat hamil, emosi dan rutinitas normal berubah drastis. Itu terjadi begitu saja saat tubuh  menyesuaikan diri dengan cara hidup baru selama sembilan bulan ke depan.

Karena anjing terbiasa dengan rutinitas tertentu, mereka akan memperhatikan ketika pemiliknya berubah.

Misalnya, anjing akan menyadari rutinitas jalan-jalannya tidak terlalu panjang dan adanya perubahan pada ruangan di rumah. 

Hal ini karena anjing cukup sensitif serta terbiasa dengan hal-hal dan praktik tertentu. Melihat Anda lelah, berjalan lebih lambat, atau perubahan perilaku lainnya mengonfirmasi apa yang anjing cium. 

Seberapa dini anjing dapat mendeteksi kehamilan?

Bayangkan Anda hamil dan tidak tahu apa-apa. Anda menjalani hari-hari tanpa menyadari perubahan yang terjadi dalam tubuh.

Namun, anjing peliharaan yang perseptif mencium perubahan, bahkan sebelum perut Anda mulai membesar.

Anjing dapat mendeteksi kehamilan sejak bulan pertama. Pada fase ini, hormon kehamilan mulai bekerja lebih awal dalam tubuh Anda.

Bahkan pada minggu ke-2, Anda sudah memiliki hormon yang membanjiri tubuh. Hormon-hormon ini mengubah aroma Anda dan anjing peliharaan dapat menciumnya.

Artinya, anjing dapat mendeteksi kehamilan sebelum Anda menyadarinya. Namun, tidak semua anjing bisa mencium perubahan aroma tubuh pemiliknya. 

Beberapa anjing menunggu sampai perut pemiliknya mulai membesar. Saat itulah, Anda akan melihat perilaku anjing peliharan berubah secara dramatis.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments