Jika Ekor Iguana Peliharaan Anda Patah

Mengapa iguana kehilangan ekornya? Dalam berbagai literatur kesehatan hewan, seperti banyak jenis  kadal, iguana bisa "melepaskan" atau mengotomatiskan ekornya. Iguana memiliki kumpulan otot dengan keterikatan khusus pada vertebra di ekor. Ini adalah area dimana ekor lebih mudah pecah, jika pemangsa menguasai ekor iguana.

Di alam liar, tentu saja, serangan oleh pemangsa akan menjadi penyebab jedanya ekor. Potongan ekor yang terlepas dan menggeliat itu untuk mengalihkan perhatian predator sementara iguana  dapat berjalan dan menghindar  dengan aman.

Di penangkaran, ada banyak alasan mengapa iguana kehilangan ekornya.  Terkadang, iguana menyebabkan kerusakan itu dengan sendirinya , dengan mencambuk ekornya ke permukaan yang keras seperti dinding di rumah Anda atau di kandang.

Cedera ekor pada iguana jarang terjadi saat seekor iguana tinggal di kandang dengan ukuran kandang, lampu UVB, dan makanan yang benar. Sangkar yang terlalu sempit bisa mengakibatkan luka pada ekor.

Pemilik kadang-kadang mendapatkan ekor iguana mereka terjebak di pintu kandang sambil menutupnya, atau menginjak ekornya. Iguana juga melepaskan ekornya  pada peristiwa tersebut dan bisa melukai ekor mereka.

Bagaimana seharusnya merawat iguana setelah kehilangan ekornya? Perawatan aftercare dari kerusakan ekor kecil itu sederhana. Pastikan daerah tersebut telah berhenti berdarah.

Kita bisa menggunakan bubuk styptic (yang bisa dibeli di toko hewan peliharaan) untuk membantu membendung pendarahan. Biasanya, ada sedikit kehilangan darah setelah ekor putus . Bersihkan area dengan Betadine (providone-iodine), pastikan semua bubuk dibersihkan.

Anda bisa mengeringkannya dengan kain kasa bersih atau membiarkannya mengering, dan oleskan salep Neosporin (atau salep antibiotik, tiga kali) ke ujung ekor. Ulangi pembersihan dan rutinitas Neosporin dua kali sehari selama seminggu atau sampai luka telah sembuh. Perhatikan baik-baik tanda-tanda infeksi atau gangren.

Jika tak mampu mengatasi sendiri, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat. (A.Kholis/berbagai sumber)

Foto: Arya Petshop


Post Terkait

Comments