Jika Anjing Kesayangan Anda Terkilir

Pergelangan kaki terkilir adalah cedera pada tendon, ligamen atau otot yang terkait dengan sendi itu. Ini dapat terjadi sebagai akibat dari kegiatan yang berat atau kecelakaan kecil. Dengan cepat mengenali tanda-tanda cedera di area ini adalah kunci untuk mengobatinya sebelum menjadi masalah yang lebih serius. 

Nah, sebelum mengobati kaki anjing kesayangan Anda yang terkilir, cobalah kenali tanda-tanda pergelangan kaki  terkilir.

  1. Ketahui anatomi anjing. Anjing melangkah dan berjalan dengan jari-jari kaki depan dan belakang. Ketika seekor anjing berada di cakarnya, Anda akan melihat pergelangan kaki di kaki belakang antara lutut dan jari-jari. Ini mirip dengan di mana pergelangan kaki Anda berada saat Anda berjinjit.

Anjing tidak memiliki pergelangan kaki di kaki depan, sama seperti Anda tidak memilikinya di lengan. Jenis keseleo lainnya dapat terjadi di bagian depan kaki dan diperlakukan serupa.

  1. Ketahui penyebab pergelangan kaki terkilir. Banyak anjing yang atletis. Kegiatan di mana mereka berpartisipasi dapat menyebabkan jumlah kekuatan dan ketegangan yang ekstrem di persendian dan kadang-kadang ini dapat menyebabkan cedera.

Berlari, melompat, dan berbelok tajam dan cepat dapat menyebabkan ketegangan berlebihan pada sendi.

Meskipun tidak semua anjing memiliki energi yang sama, persendian mereka juga dapat mengalami lebih banyak stres daripada yang dapat mereka tanggung. Terkilir juga bisa terjadi akibat tergelincir, jatuh, meletakkan kaki Anda dalam lubang atau sesuatu yang tidak berarti seperti melompat di atas atau dari sofa. Semua ini dapat menyebabkan anjing berakhir dengan keseleo.

  1. Lihat apakah dia pincang. Tanda pertama dari keseleo pergelangan kaki, dan biasanya yang paling dikenal, adalah pincang pada kaki belakang yang terkena.

Biasanya, anjing dengan keseleo akan menghindari membebani kaki yang sakit. Tergantung pada tingkat keparahannya, anjing dapat berdiri dengan kakinya diangkat untuk menghindari menggunakannya. Waspadai alasan umum lainnya untuk ketimpangan. Lesi di daerah pinggul, lutut atau cakar juga dapat menyebabkan anjing pincang.

  1. Cari luka yang terlihat. Jika ada keseleo Anda bisa melihat bengkak atau kemerahan di sekitar pergelangan kaki. Anda juga mungkin memperhatikan bahwa anjing menjilati area tersebut secara teratur.

 

  1. Cari tanda-tanda perilaku. Anjing yang terluka juga dapat menunjukkan perubahan perilaku normal. Perubahan untuk mencari yang mungkin menyarankan cedera termasuk:
    • Perubahan nafsu makan, umumnya menunjukkan penurunan nyata dalam konsumsi makanan.
    • Perubahan tingkat aktivitas, seperti lebih banyak tidur atau enggan melakukan aktivitas fisik.
    • Vokalisasi yang terkait dengan cedera, seperti adanya gonggongan, dengusan atau rengekan ketika pergelangan kaki disentuh atau digerakkan.

Bagaimana cara mengatasi kaki anjing pesayangan Anda yang terkilir? Cara yang paling tepat dan aman adalah dengan segera membawa peliharaan Anda ke dokter hewan terdekat. Dokter hewan akan melakukan tindakan yang tepat dan terbaik untuk kesembuhan anjing kesayangan Anda.

Jangan pernah sekali-kali melakukan Tindakan sendiri, tanpa dibekali kemampuan untuk melakukannya, jika Anda benar-benar sayang dengan hewan peliharaan.

Semoga bermanfaat .(aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments