Jika Anjing Dan Kucing Jadi Pesolek

Jaman sekarang tidak hanya pakaian atau aksesoris yang melengkapi para anjing dan kucing untuk bersolek agar tampil keren, tetapi juga cat kuku atau kutek. Banyak foto di internet anjing dan kucing memamerkan kuku mereka yang warna warni.

Sebagian orang menganggap hal tersebut wajar dan menambah pesona hewan peliharaan, tetapi sebagian yang lain menganggap hal tersebut tidak pantas bahkan membahayakan.

Dr. Rachel Barrack, seorang dokter dan ahli akupuntur hewan dari New York, memberikan penjelasan seputar pemakaian cat kuku atau kutek pada hewan. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik sebelum melakukan tindakan tersebut. Pertama menyoal kesehatan, dan yang kedua adalah soal psikologis hewan.

Penggunaan cat kuku atau kutek yang biasa digunakan manusia tidak diperbolehkan untuk dipakai hewan. Kutek mengandung bahan beracun dibutyl phthalate, formaldehyde serta toluene yang berbahaya bagi kesehatan hewan. Jangankan dijilat, terhirup saja hewan bisa mengalami gangguan pernapasan dan merusak rongga hidung.

Secara psikologis anjing dan kucing juga tidak menyukai ada hal lain menempel di tubuh mereka. Tidak seperti manusia yang makin percaya diri dengan bersolek, justru hewan malah bisa merasa tertekan dan depresi bila berdandan. Apalagi seperti kutek yang terus menerus melekat pada kuku.

Mereka sangat terganggu, sehingga berusaha menghapus dengan menjilatinya. Tetapi diakui Rachel bahwa tak semua hewan membenci dandanan, ada pula anjing dan kucing yang justru menikmatinya. Maka setiap pemilik harus mengenal kepribadian hewan peliharaan sebelum memutuskan untuk mendadani.

Saat ini memang ada sebuah produk kutek bernama Soft Paws yang khusus bagi hewan. Dimana pemilik tak perlu cemas akan masalah kesehatan akibat penggunaan kutek. Bahkan produk tersebut mampu melindungi dan menguatkan kuku, serta mengamankan barang-barang di rumah dari cakaran.

Tetapi bila anjing dan kucing terlihat tidak nyaman saat memakainya, lebih baik segera hapus kutek dari kuku mereka. Anjing dan kucing sudah lucu serta imut apa adanya kok, jangan sampai hanya karena obsesi pemilik untuk mendadani, hidup mereka malah jadi tak bahagia.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.petnyaku.com)

 


Post Terkait

Comments