Jika Anjing Anda Cegukan, Ini Cara Atasinya

Cegukan merupakan sebuah fenomena dimana muncul suara seperti ‘hik’ yang disebabkan oleh pita suara yang menutup secara tiba-tiba.  Penutupan pita suara secar tiba-tiba ini dipicu oleh adanya kontraksi pada diafragma. Diafragma merupakan membrane otot yang cukup tipis yang berada di antara rongga dada dan perut. Diafragma ini memiliki peran yang cukup penting dalam sistem pernapasan kita.

Tidak jauh berbeda dengan cegukan yang dialami manusia, anjing pun ternyata juga bisa mengalami cegukan. Hal ini bisa terjadi ketika otot yang mengontrol diafragma anjing berkontraksi secara tidak sengaja.

Cegukan ini  sebenarnya tidak berbahaya, terutama jika cegukan yang dialami oleh anjing tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Bukan hanya tidak berbahaya, cegukan pada anjing bisa menjadi bermanfaat karena cegukan ini membantu anjing mengeluarkan gas yang ada di dalam perut mereka.

Cegukan juga bisa membantu anjing mengurangi iritasi yang terjadi di dalam perut sehingga otot-otot yang mengontrol diafragma anjing bisa diperbaiki dan memiliki koordinasi yang kembali baik. 

Biasanya, cegukan sering dialami oleh anjing yang masih kecil. Semakin anjing tersebut bertambah dewasa, semakin berkurang pula frekuensi cegukan yang dia alami hingga akan hilang sama sekali. Jenis cegukan yang dialami oleh anjing juga beraneka ragam. Ada cegukan yang beritme cepat atau deka tantara cegukan satu ke cegukan lainnya. Ada pula cegukan yang lama, yaitu ketika jeda antara cegukan satu dengan cegukan lainnya cukup lama.

Apa yang harus Anda lakukan ketika anjingmu mengalami cegukan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah. 

  1. Kenali penyebabnya

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengenali dahulu apa penyebab cegukan pada anjing. Ada beberapa penyebab cegukan pada anjing, salah satunya akibat cara makan atau minum mereka yang terlalu cepat. Makan dan minum yang terlalu cepat dapat menyebabkan tertelannya udara secara tidak sengaja. Akumulasi udara di perutnya inilah yang akan menyebabkan cegukan pada anjing. Selain itu, jenis makanan tertentu mungkin juga akan memicu cegukan pada anjing.

Emosi juga bisa menjadi penyebab terjadinya cegukan pada anjing. Stress, kelelahan, dan merasa sedih bisa menjadi alasan mengapa anjingmu mengalami cegukan. Mood yang terlalu baik atau terlalu gembira juga bisa menyebabkan anjing kesayanganmu mengalami cegukan.  ( Baca : Jenis Pitbull Petarung )

  1. Biarkan cegukan berhenti dengan sendirinya

Seperti yang dibahas sebelumnya, terdapat beberapa manfaat dari cegukan yang dialami anjing. Maka, Anda boleh membiarkan agar cegukan tersebut berhenti dengan sendirinya. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena cegukan yang berlangsung singkat umumnya tidak akan berbahaya.

  1. Beri anjingmu minum

Ketika kita mengalami cegukan, biasanya kita akan segera minum air putih dengan keyakinan banyak minum akan menghilangkan cegukan. Hal ini juga yang akan terjadi pada anjing. Anda bisa memberinya minuman, seperti air putih ataupun susu. Usahakan minuman yang Anda berikan adalah air yang hangat, bukan yang dingin.

Pemberian air minum ini akan membantu makanan yang menyebabkan cegukan segera larut dan menenangkan saluran pernapasan anjing. Dengan demikian, anjingmu akan pulih dari cegukan dengan sendirinya. (baca: Cara Merawat Golden Retriever)

  1. Ajak dia bermain dan banyak bergerak

Selanjutnya, Anda harus mengajak anjingmu banyak bergerak. Misalnya, Anda bisa mengajaknya bermain lempar tangkap bola atau sekedar mengajaknya berjalan-jalan keliling komplek. Dengan banyak bergerak, anjingmu akan menyesuaikan pernapasannya sehingga diafragmanya akan kembali rileks. Asupan oksigen juga akan bertambah saat anjing kesayanganmu banyak bergerak sehingga lama kelamaan pernapasannya akan kembali teratur.

  1. Kejutkan anjing kesayanganmu

Untuk cara yang satu ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa anjingmu tidak memiliki kelainan jantung. Karena salah-salah bukannya dia akan sembuh dari cegukan, malah bisa terserang serangan jantung akibat kaget. Namun, jika anjingmu sehat walafiat, Anda bisa mengejutkannya untuk mengatasi cegukan pada anjing kesayanganmu. Elemen kejut ini akan membuat dia kembali mengatur napas sehingga lama kelamaan diafragmanya pun akan kembali rileks dan cegukan pun dapat terhenti.

  1. Buat anjingmu merasa nyaman

Anjing merupakan hewan peliharaan yang sangat patuh pada tuannya dan sangat senang bermain dengan tuannya. Maka, berilah dia perhatian dan pastikan anjingmu merasakan kasih sayang yang Anda berikan. Hal ini akan menghilangkan atau mengurangi stress yang dia alami. Seperti yang kita bahas sebelumnya, mood pada anjing seperti stress, sedih ataupun terlalu gembira bisa menjadi penyebab anjing cegukan. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat)

  1. Berikan belaian yang lembut

Belain lembut yang Anda berikan pada anjing kesayanganmu akan membuatnya merasa nyaman. Hal ini tentu akan berpengaruh pada mood anjingmu sehingga cegukan yang dia alami juga akan mereda. Pastikan Anda secara rutin memberi belaian pada anjingmu, ya!

  1. Konsultasikan dengan dokter hewan

Jika Anda mengamati bahwa cegukan yang dialami anjing kesayanganmu terjadi dalam waktu yang lama, Anda patut khawatir. Bisa jadi, cegukan yang dia alami merupakan indikasi dari penyakit yang lebih serius, seperti asma, stroke, atau hipotermia. Untuk itu, segera bawa anjingmu ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lengka dan akurat. Dokter akan memberi penanganan yang tepat untuk memastikan anjing kesayanganmu baik-baik saja.

Selamat mencoba. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments