Jenis Anjing Dogo Argentino, Dilarang di Beberapa Negara

Ada beberapa ras anjing di dunia yang hanya memiliki satu warna, salah satunya adalah Dogo Argentino yang hanya datang dalam warna putih.

Dogo Argentino, juga disebut Argentinian Mastiff atau Agentine Dogo, adalah anjing yang seluruh bagian bulunya berwarna putih, tetapi ada beberapa yang memiliki titik berwarna hitam di area kepalanya.

Mereka terkenal sebagai anjing yang kuat, atletik, dan setia. Dogo Argentino memiliki beragam keunikan selain bulunya yang hanya memiliki satu warna. Apa saja? Berikut Kompas.com rangkum, beragam fakta menarik Dogo Argentino, Rabu (26/10/2022).

  1. Keturunan dari anjing petarung

Disadur dari Dog Time, Dogo Argentino adalah keturunan anjing Cordoba Fighting Dog asal Cordoba, Argentina, yang kini sudah punah. Mereka adalah anjing besar dan ganas yang dibesarkan untuk berkelahi.

Seorang pria asal Argentina, Antonio Nores Martinez, menginginkan anjing pemburu yang pemberani yang dapat menangani medan daerahnya, serta menjadi sahabat yang setia.

Pada 1920-an, Martinez mulai menggunakan pembiakan selektif. Untuk mengurangi keinginan anjing untuk bertarung agar bisa bekerja sama dalam kawanan, ia mengganti naluri bertarung anjing dengan kebutuhan untuk berburu.

Beberapa ras anjing dicampur untuk mencapai sifat yang dinginkan, yang kini terlihat pada ras anjing Dogo Argentino.

Martinez menciptakan anjing pendamping yang dapat dipercaya, dengan dorongan mangsa yang kuat, tubuh berotot, dan ideal untuk berburu di medan Argentina atau menjadi penjaga keluarga yang setia.

  1. Warna bulunya berkaitan dengan masalah kesehatan

Sekitar 10 persen dari Dogo Argentino menderita tuli yang berkaitan dengan pigmen pada satu atau kedua telinganya.

Kondisi ini sering menyerang anjing berbulu putih yang mencakup Dalmatian, Boxer putih, dan Bull Terrier putih.

  1. Mirip Bulldog dan Pit Bull

Dogo Argentino adalah anjing besar yang tingginya bisa mencapai 60-68 centimeter (cm) di bahunya, dan berat pada kisaran 36-45 kilogram (kg). Anjing jantan cenderung sedikit lebih tinggi daripada betina sekitar 2 cm.

Sahabat bulu ini memiliki tubuh yang biasanya lebih panjang daripada tingginya, dan berkepala besar dan lebar yang membuatnya mirip seperti American Bulldog dan American Pit Bull Terrier.

  1. Kurang cocok dengan anjing kecil atau kucing

Dog Argentino memiliki dorongan mangsa yang kuat. Inilah yang membuatnya kurang cocok dipelihara bersama anjing kecil atau kucing.

  1. Penjaga dan pemburu yang handal

Ras anjing ini cenderung sangat teritorial, sehingga menjadikannya anjing penjaga yang sangat baik. Mereka akan membela keluarga manusianya dengan ganas.

Dorongan mangsanya memang membuatnya kurang cocok dengan anjing kecil atau kucing, tetapi menjadikannya sebaagi anjing pemburu yang handal. Mereka mampu mengalahkan babi hutan dengan keganasannya.

  1. Dilarang di beberapa negara

Masa lalu anjing Dogo Argentino yang dibiakkan sebagai anjing petarung, bahkan kini masih ada beberapa orang yang menggunakannya untuk sabung anjing, membuatnya dilarang di beberapa negara.

Mereka dianggap sebagai anjing yang berbahaya dan dilarang di Australia, Kepulauan Cayman, Denmark, Fiji, Islandia, Singapura, dan Ukraina.

Sementara di Inggris, memelihara Dogo Argentino tanpa otoritas yang sah dianggap sebagai tindakan yang ilegal.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments