jangan biarkan Anjing Anda Depresi

 

Rasa bingung ditambah sayang yang bercampur kasihan pasti dialami semua majikan anjing bila anjing terlihat stress maupun depresi. Tidak ada beban hidup yang dipegang, namun anjing memiliki penyebab yang beragam sehingga Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

  1. Buat Anjing Sering Bersosialisasi

Walaupun terbilang sebagai seekor anjing, namun sebagai makhluk sosial masih bisa melekat namun tidak sepenuhnya sosial.  Jika anjing anda baru saja kehilangan teman anjingnya, Maka Anda bisa mencarikan teman penggantinya.

Teman disini bukan hanya di dalam rumah atau sama-sama yang Anda miliki, bisa saja anjing tetangga rumah maupun komplek yang sering ia lihat sudah tiada sehingga ia terasa kesepian dan mencari-cari kemana anjing yang dulu ia sering lihat kemudian dia merasa stres kemudian menjadi depresi.

Namun, bila anjing Anda dari awal memang sendirian, coba ajak bersosialisasi agar ia bisa berkomunikasi dengan makhluk yang lain, apalagi kalau Anda meningglkannya cukup lama seperti mudik. Maka, Anda bisa menitipkannya kepada teman Anda atau tempat penitipan anjing.

  1. Kuangkan waktu

Buatlah kegiatan-kegiatan yang membuat hubungan Anda dengan si anjing menjadi terikat, kegiatan yang bisa Anda lakukan bertujuan memperkuat bonding. Seperti Anda mengajak anjing Anda berjalan-jalan, karena dari kegiatan tersebut interaksi Anda dan anjing terjalin dari mengarahkan arah jalan hingga Anda memerintahkan melakukan sesuatu.

Selain itu Anda bisa mengajaknya bermain permainan yang disukai anjing seperti melempar bola, tarik tali, atau juga latihan olah tubuh seperti agilitas, kemudian bawa ke tempat keramaian yang banyak anjing. Cara tadi bisa mengatasi anjing depresi.

  1. 3. Memberikan apresiasi dan sikap positif

Bila anjing mengalami stres, banyak kemungkinan kesalahan yang dilakukan sadar atau tidak sadar berasal dari pemilik anjing. Salah satunya yaitu, anjing kurang merasa diapresiasi atas capaian-capaian ia sehingga tak ada lagi target hidup yang membuatnya bahagia. Contohnya adalah bila dia mampu menghabiskan makanan maka coba beri apresiasi bisa dengan cara mengelus-elus kepala anjing.

Selain itu, Anda bisa berprilaku ketika si anjing tidak mau makan, Anda jangan mengirimkan pesan atau berprilaku bahwa ia melakukan hal yang cerdas karena tidak mau makan berarti melakukan penghematan.

Cara yang cukup bijak dengan cara meletakkan mangkuk makanan dengan tidak menghiraukan anjing anda sampai dia mau makan. Dan saat dia mulai makan maka lakukan pujian dengan lisan atau non lisan sepeti mengelusnya seperti yang diatas sampai dia  maksimal menghabiskan makanan itu. Hal ini mengurangi hal yang membuat stres dengan menekan hal positif agar timbul dari anjing tsb .

  1. Lakukan pemijatan

Terlihat aneh, namun anjing juga membutuhkannya karena anjing sbg makhluk hidup yang mempunyai otot-otot yang berkontraksi maupun berelaksasi. Anda bisa melakukan sesekali pijatan terhadap anjing yang Anda anggap butuh pijatan. Setelah melakukan pijatan Maka Anda akan merasakan otot anjing yang mengendur karena tekanan pijat yang Anda berikan.

  1. Yakinkan anjing agar merasa aman

Anjing terkadang suka khawatir terhadap lingkungan yang mengancam, sehingga sebagai majikan sebaiknya memastikan dan menjamin keamanan anjing tersebut, bisa dalam bentuk perilaku maupun lingkungan.

Lingkungan anjing bisa Anda tata seaman mungkin mulai dari peletakan tempat tinggalnya, pagar maupun tembok yang membuat orang/ancaman dari luar tidak berpotensi masuk, selain itu kebisingan-kebisingan sebaiknya diredam agar tak membuat anjing mengira-ngira akan ancaman yang masuk .

  1. Mengetahui penyebab depresi

Sebelum mengatasi, Anda sebaiknya menelisik apa penyebab anjing tsb depresi sehingga Anda dapat mengatasinya secara efektif dan efisien.  Anjing menyukai rutinitas dna biala mengalami perubahan dari rutinitas Maka akan memicu stres dan depresi seperti:

  • Pemilik yang mendapatkan kegiatan baru.
  • Tidak adanya varian makanan.
  • Memiliki anggota keluarga yang baru.
  • Lingkungan pindah.
  • Kurang beraktifitas.
  • Porsi makan tidak teratur.
  • Terintimidasi oleh anjing lain yang lebih dominan (saingan).
  • Kehilangan teman (anjing maupun manusia).
  • Renovasi rumah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi anjing depresi manjur. Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments