Inilah Penyebab Flu pada Kucing

Siapa yang gak suka kucing peliharaanya sehat? Pasti suka semua bukan? Hehe. Kita aja kalau lagi gak sehat pasti merasa tidak nyaman, kucing yang kita pelihara juga seperti itu kawan.

Biasanya saat musim pancaroba maupun hujan, penyakit yang paling sering diderita oleh kita dan kucing peliharaan yaitu flu. Kalau kita kena flu obatnya mudah langsung aja pergi ke apotek terdekat, nah kalau cara mengobati kucing flu gimana? Hmm.

Flu biasanya gampang banget menyerang kucing yang belum divaksin dan yang mager alias malas gerak (kurang olahraga hehe). Semua ras kucing bisa terkena flu tentunya tapi menurut pengalamanku sih, kucing ras persia lebih gampang terkena penyakit flu ini dibanding dengan ras lainnya.

Walau bisa dibilang penyakit yang wajar, tapi jangan dianggap sepele kawan. Kenapa? Kalau Anda punya kitten atau anak kucing yang masih berumur antara 1 bulan, itu mengancam banget lho.

Seperti ditulis KucingPedia.com akan memberikan informasi tentang kucing flu dimana membahas tentang ciri-ciri kucing flu, penyebab kucing flu dan tentunya cara mengobati kucing flu.

Supaya Anda tahu cara mengobati kucing sakit flu, Anda harus tau dahulu ciri-ciri kucing sakit flu dan penyebabnya.

Tanda dan penyebab

Adapaun beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui apakah kucing sedang sakit flu (pilek) seperti: badan terasa panas (demam), bersin-bersin, nafsu makan berkurang, mata memerah, batuk, keluar ingus, kurang energik, sariawan, mata kucing bisa berair.

Biasanya gejala flu di atas terjadi selama 1 minggu, nah setelah satu minggu (minggu ke 2 atau 3) biasanya kesehatan tubuh kucing akan membaik dan diharapkan sembuh.

Kenapa kucing flu? Nah kita akan lanjut mengenai penyebab kucing sakit flu atau pilek. Ternyata ada berbagai penyebab kucing flu seperti :

  1. Daya tahan tubuh kucing

Sebenarnya ini faktor flu kucing. Daya tahan tubuh kucing yang menurun tentu akan gampang terkena virus, salah satunya ya virus yang menyebabkan si kucing sakit flu.

  1. Virus

Infeksi menjadi salah satu penyebab kucing flu yang utama, virus ini bisa dari herpes (feline herpesvirus), cacilivirus (FCV). Hasil riset menyebutkan bahwa 80% kucing flu karena salahs satu dari kedua virus tersebut.

Sebaiknya kalau terdeteksi ada infeksi karena virus tersebut, segera hubungi dokter. Jika tidak kucingmu yang lain bisa terancam kesehatannya, karena menular lewat air liur, bersin, makanan dan minuman juga dari peralatan memelihara kucing (kandang, kotak makan dan lain sebagainya)

  1. Bakteri

Penyebab kucing flu juga dikarenakan oleh bakteri, bakteri yang bernama Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica dimana kedua bakteri ini juga menginfeksi anjing. Kalau kena virus dan bakteri gimana ya, bisa-bisa kucing flu berat.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments