Inilah Beberapa Jenis Anjing yang Sulit Dilatih

Meski anjing terkenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang memiliki kecerdasan lebih, namun tidak semua jenis anjing gampang dilatih. Jika Anda ingin memelihara anjing yang gampang dilatih, pertimbangkan kembali untuk memilih beberapa jenis anjing berikut ini:

Bassed Hound, anjing ini dikenal sebagai anjing penurut apalagi saat jalan-jalan degan perilaku dan temperamen yang baik sehingga cocok untuk anak-anak. Melatih mereka amat sulit, karena kecerdasan mereka lebih dari pengabdian pada pekerjaan.

Beagle, tingkat kecerdasannya tidak terlalu tinggi, tapi lebih mandiri dan memiliki insting alami. Mereka sangat mencintai partnernya dan cocok dengan anak-anak dan anjing lainnya. Tapi berhati-hatilah mensosialisasikan Beagle dengan jenis hewan peliharaan lain seperti kucing.

Mastiff, memiliki insting yang lembut sehingga bisa menjadi anjing penjaga. Terkadang menjadi keras kepala yang merepotkan dengan kerendahan kecerdasannya. Untuk melatihnya, pastikan melakukannya secara teratur dan berulang-ulang bahkan pada trik yang sudah dikuasai oleh mastiff sekalipun.

Bloodhound, memiliki keteguhan dan etika kerja yang amat baik. Mereka lembut, ramah, sangat cocok untuk anak kecil. Melatih mereka harus tegas dan memerlukan sedikit kesabaran.

Borzoi, sulit dikendalikan sehingga sulit untuk dilatih, tetapi mereka memiliki kesetiaan dan sangat ramah pada orang yang sudah mereka kenal dengan baik.

Chow-chow, merupakan anjing rumahan, cocok untuk teman bermain. Mereka amat setia kepada keluarga/majikan. Chow-chow memiliki sifat dominan dan cocok dengan majikan yang berkemauan yang keras dan tegas, atau mereka akan mengambil kendali di dalam rumah tangga Anda! Anjing ini sangat keras kepala sehingga menyebabkan mereka memiliki kecerdasan yang rendah.

Basenji, memiliki gonggongan yang unik, terdengar seperti manusia tertawa atau menangis. Beberapa bahkan menyebut Basenji sebagai “barkless dog”. Basenji anjing yang amat aktif dan wajib untuk di ajak berjalan-jalan secara teratur. Mereka sedikit keras kepala sehingga sangat susah dilatih dibanding anjing lainnya.

Afgan Hounds, disebut sebagai “king of dogs” dan merupakan salah satu anjing kuno. Mereka sangat manis, ramah, sensitive, dan level dominasi yang rendah. Tapi di saat yang sama, mereka bisa menjadi mulia dan berani saat mereka dibutuhkan. Tingkat kepatuhan mereka yang rendah cukup diketahui oleh para pelatih anjing.


Post Terkait

Comments