Ini Dia Tanda Kucing Anda Keracunan

Kucing salah satu hewan yang cukup simple dalam perawatannya dan terlebih sudah banyak sekali produk khusus kucing yang dapat Anda dapatkan di berbagai petshop.

Walaupun terbilang mudah, bukan berarti memelihara kucing tidak memiliki tantangan tersendiri. Tantangan tentu saja saat Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan kucing Anda.

Banyak kasus kucing juga terkadang sama dengan manusia di mana mereka juga dapat mengalami keracunan. Hal ini dikarenakan seekor kucing tidak dapat mengkonsumsi makanan yang sudah terkena zat berbahaya.

Keracunan pada kucing memiliki beberapa tanda yang dapat Anda lihat dengan kasat mata.

Sebagai pecinta kucing pasti Anda akan berusaha untuk menjaga kucing kesayangan Anda. Di mana ada beberapa kasus yang membuat kucing mengalami masalah kesehatan. Salah satu yang harus Anda ketahui adalah ciri dan cara mengobati kucing keracunan.

Kucing yang kena racun apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat pun akan menyebabkan hasil yang fatal. Maka itu sebagai pemilik Anda harus mengetahui apa saja tanda dari keracunan.

Berikut ini adalah ciri dari keracunan pada kucing dan juga cara mengatasinya :

Diare

Kucing yang telah menelan sesuatu biasanya akan mengalami diare hebat. Hal ini sendiri disebabkan oleh lambung yang secara otomatis akan menolak zat yang tidak dapat dicerna oleh lambung.

Namun, diare pada kucing terkadang tidak dapat hanya dikaitkan bahwa mereka telah keracunan. Banyak penyebab lain yang dapat membuat seekor kucing mengalami diare, jika memang ingin memastikan kucing keracunan Anda harus melihat gejala lain yang memang ke arah itu.

Muntah

Ciri dan cara mengobati kucing keracunan yang selanjutnya adalah muntah. Kucing yang menelan racun biasanya akan menyebabkan muntah yang terbilang sering.

Terkadang muntahan ini dikeluarkan karena memang secara otomatis tubuh kucing menolak zat tersebut. Namun, jika zat sudah terserap tentu akan menyebabkan bagian pencernaan pada kucing mengalami penolakan dan mengeluarkan isi perut melalui muntah.

Biasanya kucing yang keracunan akan memuntahkan cairan bening atau kuning dan jika sudah parah dapat juga memuntahkan darah.

Susah Bernafas

Ciri dan cara mengobati kucing keracunan yang selanjutnya adalah susah bernafas. Di mana ada beberapa racun yang dapat membuat saluran pernafasan kucing terganggu dan membuat kucing sesak nafas.

Jika Anda melihat kucing sulit bernafas, ada baiknya Anda langsung melihat tanda lain yang terjadi bersamaan sehingga dapat dengan pasti memutuskan bahwa kucing keracunan. Terpintas mereka akan terlihat seperti terdesak dibagian sistem pencernaannya.

Buang Air Kecil Terlalu Sering

Jika Anda melihat kucing kesayangan Anda buang air kecil terlalu sering, Anda perlu waspada. Kucing yang sudah menelan atau menghirup zat yang beracun biasanya akan selalu pipis agar dapat mengeluarkan racun dari urin mereka.

Hal ini dikarenakan tubuh kucing akan memberikan respon untuk tetap terlindung dari serangan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Mengeluarkan Air Liur Dalam Jumlah Banyak

Ciri dan cara mengobati kucing keracunan selanjutnya adalah dengan melihat air liur yang dikeluarkan. Kucing bukanlah seekor hewan yang selalu mengeluarkan air liur seperti anjing.

Jika memang kucing terkena racun, biasanya akan muncul gejala di mana air liur terus keluar dan terkesan tidak normal intensitasnya. Hal ini disebabkan karena tubuh kucing lemah akan serangan dari racun yang masuk ke dalam tubuh mereka, sehingga air liur selalu keluar dan tidak dapat dikontrol.

Kucing Terlihat Lemas

Kucing yang mengalami keracunan juga akan terlihat lemas dan tidak bertenaga. Hal ini sendiri disebabkan karena pada saat kucing keracunan akan membuat kucing tidak dapat makan dan minum sehingga kucing tidak mendapatkan asupan gizi yang menghasilkan energi untuk tubuh.

Lidah Dan Gusi Membiru

Hal terakhir yang dapat terlihat ketika kucing mengalami keracunan adalah lidah dan gusi pada kucing terlihat membiru. Hal ini disebabkan oleh racun yang telah menghambat oksigen yang masuk tidak dapat menyebar keseluruh tubuh karena kondisi kucing yang tidak stabil. Sehingga tubuh kucing akan terlihat membiru.

 

Untuk memastikan kucing Anda sehat atau sakit maka ada baiknya kalian membersihkan gigi kucing dan perhatikan bahwa kondisi gigi dan gusi bukan kotor tetapi memang sakit atau keracunan.

Jika sudah dipastikan mereka keracunan atau sakit barulah ambil langkah berikutnya.

Batuk Dan Bersin

Kucing yang batuk dan bersin secara terus menerus bisa jadi merupakan salah satu ciri dari keracunan, terlebih jika diikuti dengan flu kucing. Batuk dan bersin sendiri merupakan respon alami yang terjadi pada tubuh untuk menolak bakteri dan virus yang masuk.

Kucing yang keracunan dan mempunyai gejala ini sendiri, juga akan diselingi dengan tubuh yang lemas dan juga nafasnya akan terengah-engah.

Tubuh Kucing Gemetar

Reaksi tubuh kucing pada saat keracunan yang selanjutnya adalah tubuhnya pasti gemetar hebat atau mengigil. Jika kucing sudah menunjukan gejala ini sendiri lebih baik langsung Anda tangani dengan cepat.

Hal ini dikarenakan kucing tidak memiliki energi yang cukup untuk melawan racun yang sudah masuk dan juga dapat memungkinkan kucing mengalami dehidrasi yang cukup parah. Selain itu, kucing juga akan terlihat sedikit bergerak dan hanya menekuk tubuhnya saja.

Pupil Mata Membesar

Ciri dari kucing yang keracunan selanjutnya adalah dari pupil mata yang membesar. Reaksi ini sendiri terjadi karena adanya shock yang didapatkan oleh tubuh, di mana racun yang masuk ternyata mempunyai efek yang sangat kuat.

Kucing yang keracunan dan mendapatkan gejala ini sendiri harus segera mendapatkan pertolongan, terlebih lagi pada gejala keracunan ini akan dibarengi dengan kejang-kejang pada tubuh kucing.

Kejang-Kejang

Sama seperti manusia, kucing yang terkena racun yang berbahaya biasanya akan mengalami kejang-kejang yang sangat intens dan juga dibarengi dengan tubuh yang merenggang dan pupil mata membesar.

Selain itu tubuh kucing akan terlihat sangat kaku karena kejang ini mempengaruhi otot kucing menjadi sangat tegang dan juga kucing akan kesulitan bernafas.

Kucing yang kejang-kejang ini juga sering kali mengeluarkan suara raungan yang menandakan tubuhnya sangat sakit.

Sensitif Pada Sentuhan

Kucing yang terkena racun sendiri juga akan memberikan reaksi tubuh yang biasanya sensitif terhadap sentuhan. Di mana pada saat kucing keracunan, akan memberikan efek sakit pada seluruh tubuh kucing dan membuat kucing tidak ingin disentuh.

Jika pada saat kucing mengalami keracunan dan tubuhya sangat sensitif pada sentuhan, lebih baik Anda menenangkan kucing dengan menggunakan handuk lembut yang sudah dilipat dan diusapkan kepada tubuh kucing dengan sangat perlahan.

Pingsan

Ciri dari kucing yag keracunan terakhir adalah pingsan. Jika memang kadar dari racun yang masuk ke dalam tubuh kucing sangat besar, maka tubuh kucing secara otomatis tidak akan kuat serta membuat tubuh kucing kehilangan energi yang sangat banyak.

Pada saat kucing sudah mencapai tahap pingsan, jangan menunggu waktu segera bawa ke dokter hewan agar segera dapat ditangani dan mengeluarkan racun tersebut pada tubuh kucing.

Semoga bermanfaat(A. Kholis/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments