Hindari Beri Tulang Ikan Sebagai Makanan untuk Kucing

Menjadi bagian dari hewan karnivora, seekor kucing memang identik dengan ikan, yang mana berbagai jenis ikan menjadi makanan favorit bagi seekor kucing.

Oleh karena itu, jangan heran kalau setiap produk makanan kucing dari beragam merek mengandung bahan dari beberapa jenis ikan, sehingga membuat kucing tergoda untuk memakannya.

Karena merupakan salah satu daging dengan aroma paling pekat yang ada, bau ikan selalu menggoda kucing, sehingga ini menjadi alasan mengapa kucing menyukai ikan.

Namun, meski seekor kucing suka memakan ikan, hal tersebut bukan berarti siapapun boleh membiarkan kucing sampai memakan tulang ikan.

Meskipun tidak sedikit kucing akan melahap tulang ikan, hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya dan berisiko bagi mereka.

Dilansir dari beberapa sumber, tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan bisa menghalangi dan membahayakan sistem pernapasan serta pencernaan kucing.

Ingat, tulang ikan memiliki ujung yang tajam, sekalipun ukurannya tipis, dan inilah yang membuat siapapun jangan sampai memberikan tulang ikan kepada kucing, entah itu kucing peliharaan maupun kucing liar.

Ketika kucing memakan tulang ikan, hal itu juga bisa menimbulkan luka pada sistem pencernaan mereka ketika tulang ikan dicerna.

Sebagian besar pemilik kucing paling khawatir jika keberadaan tulang pada ikan dapat mencekik kucing mereka maupun kucing liar lainnya.

Ini adalah hal yang sangat masuk akal untuk direnungkan, karena lamu pasti juga tidak ingin menyaksikan teman berbulumu tersedak tanpa ampun.

Selain itu, tulang pada ikan yang belum dimasak jauh lebih baik daripada yang ditemukan pada ikan yang dimasak.

Jauh lebih mudah bagi kucing untuk memakan dan mengunyah tulang ikan mentah dibandingkan dengan yang dimasak.

Tulang ikan pada ikan yang sudah dimasak berbahaya bagi kucing karena tulang sudah mengeras dan akan sulit dikeluarkan dari tenggorokan maupun sistem pencernaan kucing.

Tulang pada ikan yang dimasak dapat dengan mudah pecah dan tersesat ke tenggorokan kucing dan tempat sensitif lainnya saat mereka makan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian pencernaan kucing yang sensitif.

Ancaman lain dari kucing yang memakan tulang ikan itu dapat menyumbat atau menembus tenggorokan dan saluran usus kucing.

Halangan atau tindikan dari tulang ikan yang tajam dapat menyebabkan perdarahan internal, penyumbatan, dan mungkin memerlukan pembedahan.

Setiap tulang ikan yang melewati perut kucing dapat menyebabkan kerusakan lebih jauh di sepanjang saluran pencernaan.

Tulang yang tertinggal di perut bisa dimuntahkan, tapi sekali lagi ini juga berisiko tersedak bagi si kucing, jadi tidak ada untungnya memberi mereka makan tulang ikan.

Jadi, kucing memang bisa saja memakan tulang ikan, tapi seharusnya itu tidak boleh mereka lakukan. Risikonya jauh lebih tinggi dibandingkan imbalan yang didapat oleh seekor kucing ketika mereka memakan tulang ikan.

Meskipun beberapa kucing menyukai tulang ikan, kemungkinan mereka harus melakukan perjalanan ke dokter hewan. Tulang ikan adalah salah satu makanan yang harus kamu pikirkan dengan matang sebelum diberikan kepada kucing.

Jadi, apabila kamu adalah orang yang gemar memberikan tulang ikan kepada kucing, sekalipun niatmu baik untuk memberi mereka makan, maka jangan lakukan hal ini lagi, karena niat baikmu bisa berujung petaka bagi si kucing.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments