Garangan Jawa Juga Bisa Jadi Hewan Peliharaan

Sejatinya, hewan agresif seperti garangan juga bisa diajdikan hewan kesayangan. Hanya saja, dengan memahami naluri alamiahnya yang ganas dan sulit dikendalikan, dibutuhkan kesabaran tersendiri.

Untuk proses pemeliharaannya sendiri tidak terlalu sulit. Anda perlu mempersiapkan kandang terlebih dahulu setidaknya 1,5 x 1,5 meter untuk ukuran dewasa. Anda bisa membuatnya sendiri dari kayu atau mungkin langsung membelinya jadi dari kayu ataupun jeruji besi.

Kalau memang berniat memelihara untuk sebagai peliharaan saja, disarankan merawat sejak bayi karena sifat alami garangan Jawa begitu ganas dan susah dikendalikan. Bisa jadi akan lebih sulit ketimbang cara melatih anjing agar tidak galak ketika sudah berumur dewasa.

Selain itu anda juga tidak boleh memperlakukan hewan ini semena-mena walaupun galak, anda harus memberikannya makan ketika berada di kandang dan juga minum dalam sebuah wadah khusus, kurang lebih sama persis seperti cara merawat musang rase.

Anda juga dapat memandikan garangan ini kalau memang dirasa sudah bersahabat, akan tetapi kalau memang masih belum bisa menyemprotkan air dari luar kandang saja, itu akan terasa lebih aman bagi anda sendiri dalam perawatannya.

Semoga bisa membantu untuk Anda yang minat untuk memeliharanya. (Aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments