Ciri-ciri Kucing Hamil: Dari Doyan Makan hingga Sering Tidur

Sama dengan hewan mamalia lainnya, untuk berkembang biak, kucing akan mengalami kehamilan. Namun, kehamilan kucing memiliki waktu lebih singkat, yakni sekitar sembilan minggu.

Dilansir dari TheSprucePets, Sabtu (22/5/2021), masa kehamilan kucing antara 64-66 hari. Namun, berbeda jika Anda tidak mengetahui kapan kucing telah kawin sehingga tidak mengetahui usia kandungannya. 

Lantas, bagaimana mengetahui ciri-ciri kucing hamil?

Jika kucing Anda baru-baru ini mengalami berahi dan memiliki akses ke kucing jantan yang tidak disterilkan, ada kemungkinan dia hamil.

Kucing hamil akan menunjukkan perubahan fisik dan kepribadian yang lebih nyata sekitar tiga minggu setelah kawin. 

Perubahan fisik 

Jika kucing hamil, ada beragam perubahan fisik yang terlihat seperti berikut ini;

  • Siklus panas atau berahi berhenti

Ini mungkin tanda pertama Anda memperhatikan kehamilan kucing. Jika kucing mengalami siklus panas setiap 10 hari hingga dua minggu dan tiba-tiba berhenti, kemungkinan dia hamil. 

  • Puting susu membengkak dan warnanya lebih cerah

Hal ini disebut "pinking-up" dan ini mungkin tanda visual pertama yang akan dilihat pada kucing hamil. 

  • Nafsu makan meningkat

Kucing yang hamil akan menunjukkan minat yang meningkat pada makanan. Bagaimana pun, kucing hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk beberapa janin. 

  • Pertambahan berat badan

Kebanyakan kucing yang hamil akan mengalami pertambahan berat badan sekitar satu hingga dua kilogram selama kehamilan. 

  • Muntah 

Kucing hamil mungkin mengalami beberapa serangan mual pada pagi hari sama seperti  ibu hamil. Jadi, Anda tak perlu khawatir, tetapi jika muntah terus berlanjut atau sering, hubungi dokter hewan untuk mendapat bantuan. 

  • Perut membesar 

Sekitar minggu kelima kehamilan, perut kucing akan mulai membengkak secara nyata. Ini akan terus membesar sampai waktu melahirkan. 

Perubahan kepribadian 

Selain mengalami perubahan fisik, kucing yang hamil akan mengalami perubahan kepribadian seperti berikut ini: 

  • Rasa sayang meningkat 

Kucing Anda mungkin menjadi lebih penyayang daripada biasanya dan sering mencari perhatian.

  • Peningkatan waktu tidur 

Banyak kucing hamil akan tidur lebih lama dalam sehari dibanding sebelum kehamilan. 

Diagnosis klinis kehamilan 

Namun, jika masih ragu dengan semua tanda di atas, Anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk memastikan secara medis menggunakan berbagai alat kedokteran seperti berikut ini. 

  • Palpasi Perut Kucing 

Dokter hewan mungkin bisa merasakan janin kucing hamil dengan meraba dan menekan perutnya secara lembut. Ini biasanya terjadi sekitar hari ke-17-25 kehamilan. 

  • Ultrasonografi Perut Kucing 

Ultrasonografi dapat mendeteksi janin sejak minggu kedua kehamilan dan detak jantung dapat dideteksi beberapa saat setelah minggu ketiga. 

  • Radiograf (sinar-X) 

Dokter hewan dapat mengambil radiografi perut kucing saat ia sedang dalam masa kehamilannya untuk menentukan jumlah anak kucing yang dikandungnya. 

Ini adalah radiasi dalam jumlah kecil yang tidak akan berbahaya bagi anak kucing atau induknya. Tengkorak anak kucing mulai terlihat pada sinar X sekitar 42 hari setelah kehamilan.


Post Terkait

Comments