Ciri-ciri Anjing yang Sehat

 Cukup sulit memprediksi anjing kesayangan kita dalam kondisi sehat atau sakit. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk melakukannya. Kondisi kesehatan anjing kesayangan bisa dilihat dari bagaimana sikapnya, apakah terlihat riang, senang bermain atau murung.

Selain itu, anjing yang sehat pun cenderung makan dengan lahap dan frekuensi buang air besarnya normal. Berikut merupakan beberapa tanda anjing peliharaan kita dalam kondisi sehat.

Anjing Lincah dan Suka Bermain

Anjing umumnya suka bermain. Mereka akan sangat antusias saat didekati pemiliknya, atau orang yang dikenalnya. Makanya, ketika ada hal buruk yang menimpanya, misalnya sakit atau stres, akan ada gestur yang memperlihatkan dirinya dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Cobalah untuk mendekatinya dan lihat reaksinya. Jika sedang tidur, coba bangunkan secara perlahan dengan menggoyang-goyangkan tubuhnya, kemudian lihat reaksinya. Jika langsung terlihat ceria dan mengajak Anda bermain, dapat dipastikan dia dalam kondisi baik-baik saja.

Sebaliknya, jika terlihat murung dan tidak bersemangat untuk bermain, mungkin anjing kesayangan Anda dalam kondisi sakit. Ajak ke dokter hewan terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Makannya Lahap

Waktu makan merupakan saat yang paling menyenangkan bagi anjing peliharaan. Tidak hanya karena mereka bisa melepaskan rasa laparnya, di momen ini mereka pun akan merasakan langsung kasih sayang yang diberikan oleh sang pemilik.

Dalam kondisi sehat, anjing peliharaan akan terlihat antusias, dan lahap saat makan. Mereka pun akan mengelilingi Anda ketika makanan dibawa mendekat. Ini merupakan gestur yang menunjukkan jika anjing kesayangan Anda sudah tidak sabar menunggu makanan disajikan

Kondisi sebaliknya akan terlihat saat anjing sakit. Mereka mungkin akan bangkit dan menuju tempat makan, tapi tidak terlalu bersemangat, bahkan terlihat ogah-ogahan.

Gigi Bersih dan Bulu Yang Cerah

Anjing yang sehat cenderung punya gigi yang bersih dan bebas dari karang gigi. Ini penting, kebersihan gigi merupakan cerminan dari kondisi sistem pencernaannya. Jika sistem pencernaannya baik, otomatis kesehatan anjing pun dalam kondisi baik-baik saja.

Selain gigi yang bersih, bulu anjing yang sehat pun akan terlihat mengkilat. Hal ini berbeda dengan anjing yang sedang sakit atau dalam kondisi stres, bulu mereka umumnya akan mudah rontok, dan terlihat sangat kusam meski baru selesai dimandikan.

Kedua tanda tersebut harus benar-benar diperhatikan. Penanganan yang cepat dan tepat akan membuat kesehatan anjing Anda selalu terjamin.

Suhu Tubuh, Bulu dan Berat Badan

Penting untuk memperlihatkan status fisiologis normal pada anjing. Salah satunya suhu badan harus berada diantara 37.4-39.2 derajat celcius. Jika lebih atau kurang dari suhu tersebut, bisa diduga anjing Anda dalam kondisi yang kurang baik.

Selain itu, frekuensi bernapas anjing pun bisa jadi indikator kuat kesehatannya. Normalnya, anjing bernafas 24-42 kali hembusan per menit. Namun jika suhu badannya sudah melebihi atau kurang dari batas normal, umumnya frekuensi nafasnya pun tidak akan sesuai angka rata-rata tersebut.

Selain suhu tubuh dan frekuensi bernafas, berat badan ideal anjing pun perlu diperhatikan. Untuk mengukurnya, Anda hanya perlu memegang area tulang rusuk anjing. Jika berat badannya normal, tulang rusuk tidak akan terlihat, tetap ketika dipegang tulang rusuknya masih terasa.

Jika Anda melihat gejala-gejala yang tidak diinginkan, segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selalu berikan nutrisi yang dibutuhkan agar Anjing kesayangan Anda tumbuh sehat dan sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments