Cegah Toksoplasmosis dengan Tips Merawat Kucing Ini

Parasit T. gondii menular melalui makanan yang belum matang, terpapar kotoran hewan (seperti kucing, kambing, domba dan anjing), dan dari ibu ke janin. Jika Anda memelihara kucing dan khawatir dengan infeksi T. gondii, ini cara merawat kucing agar tak terjangkit toksoplasmosis:

1. Hindari Kontak dengan Kotoran

Gunakan sarung tangan saat ingin membersihkan kotoran kucing, dan cuci tangan pakai sabun hingga bersih setelahnya. Jaga kebersihan kandang dan tempat kotoran kucing dengan rutin membersihkannya 1 - 2 kali dalam sehari. Anda bisa menggunakan pasir khusus untuk tempat kotoran kucing.

2. Beri Makanan Khusus

Beri kucing peliharaan makanan khusus (kering atau basah) dan hindari memberikan makanan mentah pada kucing, seperti ikan atau daging mentah.

3. Pelihara dalam Rumah

Pelihara dalam rumah agar kucing tidak makan tikus atau binatang lain yang mungkin terinfeksi parasit T. gondii. Jika Anda sering keluar rumah, masukkan kucing ke dalam kandang agar tidak berkeliaran.

4. Rutin Memandikan Kucing

Mandikan kucing setidaknya 3 kali per bulan atau 1 kali seminggu menggunakan sampo khusus dan keringkan bulunya hingga kering. Membiarkan bulu dalam keadaan basah bisa membuat kulit kucing jamuran.

5. Beri Vaksin

Beri vaksin untuk kucing sesuai dengan usianya untuk cegah infeksi T. gondii. Anda juga bisa memberikan vaksin rabies untuk cegah penyakit rabies pada kucing peliharaan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber www.halodoc.com)


Post Terkait

Comments