Cara Sembuhkan Ular Peliharaan Saat Flu

Bagi Anda yang sedang memliki peliharaan reptil jenis ular, maka permasalahan yang paling sering dihadapi adalah saat mereka sakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang ular adalah flu.

Ini adalah ancaman berat bagi pemelihara ular, karena bisa membuat ular jadi mogok makan, bersin-bersin dan kasus terparah bisa mati.

Ada banyak cara untuk menyembuhkan ular dari flu yang melanda. Terutama dengan kondisi cuaca yang saat ini sering 'galau', kadang hujan, kadang panas. Berikut cara jitunya!

  1. Kurangi intensitas mandi air dingin

Jika Anda sering memandikan ular setidaknya 4 hari atau seminggu sekali, sebaiknya tahan dulu. Memandikan ular bisa memperparah flu. Langkah paling ampuh adalah dengan membasuh dengan air saja, atau bisa juga disemprot menggunakan spray yang biasa Anda gunakan.

Namun jangan lupa untuk dikeringkan. Jangan sampai menambah lembab tubuh ular.

  1. Rendam dengan air sirih hangat

Jangan lupa merendam ular dengan daun sirih hangat, karena daun sirih bisa jadi obat bagi ular. Tapi ingat, jangan terlalu lama, usahakan durasinya 15-20 menit saja. Jangan lupa untuk merendam di bagian kepala. Setidaknya mulut dan hidungnya terendam. Biarkan ular minum air sirih.

  1. Bersihkan kandang dengan air sirih

Air sirih tadi jangan langsung dibuang, Anda bisa menggunakannya untuk mencuci kandang sampai bersih. Kandang kemungkinan besar juga sudah terkontaminasi dengan lendir atau cairan dari mulut ular ketika bersin. Ibarat manusia, itu adalah ingus yang menempel. Sehingga wajib di bersihkan.

  1. Jemur kandang dan ular

Setelah membersihkan kandang dan ular, jemur di bawah terik matahari langsung. Ini akan memberikan rasa hangat pada tubuh ular. Gunakan penjemuran ini sebaik-baiknya. Usahakan menjemur ular mulai jam pagi hingga batas jam 10 siang. Itu adalah saat di mana sinar matahari yang menyehatkan dan kaya vitamin.

Jangan juga terlalu lama, karena ular tidak akan nyaman. 15 menit sudah cukup. Bisa lebih lama lagi jika flu memang parah. Tapi dengan catatan, setelah 10 menit, teduhkan 5 menit, panaskan lagi 10 menit, lalu teduhkan lagi. Anda bisa mengukur sendiri suhu hangat pada tubuh ular.

  1. Beri alas pada kandang

Jangan lupa untuk memberi kandang ular alas. Ini juga untuk menjaga suhu kandang tetap hangat. Anda bisa menggunakan koran beberapa lembar, kain hangat, karpet, atau lainnya. Yang jelas berikan kehangatan pada ular.

Tempat penyimpanan juga harus diperhatikan. Jangan diletakkan di luar ruangan, jika bisa saat sakit ular tempatkan di dalam ruangan. Apabila kondisi cuaca memang sedang dingin, Anda bisa menambahkan lampu sebagai penghangat di dalam kandang.

  1. Tahap penyembuhan

Nah, tiba di tahap penyembuhan. Di sini Anda akan mendapati hasil dari semua rangkaian tips tadi. lakukan tips pertama sampai lima dalam kurun waktu 4-5 hari secara rutin dan disiplin. Maka ular akan berangsur sembuh.

Di tahap ini kemajuan akan muncul dengan tanda bahwa ular tidak lagi keluar lendir alias ingus. Perhatikan pagi hari, jika sudah tidak bersin maka ular hampir dipastikan sembuh.

Selanjutnya kamu bisa melakukan proses penyembuhan dengan cara menjemur ular minimal seminggu sekali. Jika sudah terlihat sehat, kamu bisa test ular kamu untuk makan, karena selama sakit biasanya dia mogok makan. Yang jadi permasalahan adalah ketelatenan dan ketulusan Anda untuk menyembuhkan ular. Jika kurang disiplin dalam mengobati, ular akan susah sembuh.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba! (Aks/merdeka.com


Post Terkait

Comments