Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Setelah Melahirkan

Setelah tahu penyebab bulu rontok setelah melahirkan. Perhatikan beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tetap menjadi faktor utama dari kesehatan. Hal tersebut berlaku juga untuk kucing yang habis melahirkan. Apalagi fisiknya masih lemah, sehingga membutuhkan tempat yang bersih dan nyaman.

  1. Mandi Teratur

Pastikan memandikan kucing secara teratur, karena itu bisa membuat bulu tetap terjaga. Dengan memandikan juga menggindarkan bulu kucing kusut dan gimbal secara berlebihan. Bisa memilih jenis shampo tertentu agar bulunya tidak mudah rontok. Setelah itu, keringkan dengan hair dryer atau berjemur di luar rumah hingga benar-benar kering. Dengan memandikannya secara teratur menjadi cara memanjangkan bulu kucing secara alami yang aman bagi kucing.

  1. Sisir Rapi

Sisir bulu kucing dengan sisir khusus, agar bulunya lebih halus dan rapi. Hindari menggunakan sisir rambut biasa. Karena dengan sisir khusus, bisa menyingkirkan kutu ataupun tungau.

Saat menyisir rambut, bisa dibarengi dengan memijat tubuh kucing. Tujuannya untuk stimulasi dan membuat peredaran darah lebih lancar. Lakukan setidaknya tiga kali dalam sepekan.

  1. Beri Makan dan Minum Kaya Nutrisi

Sama halnya dengan manusia, kucing habis melahirkan membutuhkan nutrisi yang bagus untuk memulihkan kondisi tubuh. Untuk minuman sediakan di kandang atau tempat tertentu. Untuk makanan, variasikan antara makanan organik dengan makanan kaleng agar kebutuhan seratnya tercukupi.

  1. Berikan Waktu Istirahat

Kucing pasca persalinan tetap membutuhkan waktu dan ruang untuk sejenak. Biarkan kucing bermain dengan mainan kesukannya. Selain bisa mendapatkan udara segar, juga bisa membuatnya lebih aktif.

Dengan memberikan waktu bermain, akan membuat kucing lebih bahagia dan terhindar dari stres karena bosan. Bisa dengan membuat mainan kucing yang terbuat dari kertas kosong yang diremas menjadi bola. Lemparkan ke kucing dan biarkan dia bermain.

  1. Ganti Produk yang Cocok

Apakah itu makanan maupun produk mandi. Jika kucing biasa akan tidak masalah dengan makanan biasa maupun produk mandi. Bisa jadi, tidak berlaku untuk kucing yang habis melahirkan. Tidak ada salahnya ganti terlebih dahulu. Sampai kondisi fisiknya benar-benar stabil.

  1. Obat Bulu Kucing Rontok

Tidak ada salahnya memberikan obat khusus untuk bulu kucing yang rontok. Namun, gunakan secukupnya saja guna menghindari alergi. Obat ini pula yang bisa menjadi salah satu cara menumbuhkan bulu kucing yang botak karena kerontokkan setelah melahirkan atau faktor lainnya.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)

 


Post Terkait

Comments