Cara Memegang Hewan Pengerat yang Aman

 

 

Kini sudah menjadi kebiasaan, binatang rodensia atau pengerat dipelihara dan menjadi hewan kesayangan, seperti kelinci, marmut, mencit atau hamster. Binatang-binatang tersebut selain lucu juga jinak.

Namun, saat memelihara ada kalanya si pemilik akan memegang hewan piaraannya tersebut, misalnya saat akan membersihkan kandang atau sekadar dielus-elus.  Masing-masing hewan mempunyai kebiasaan dan perilaku, termasuk ada yang suka menggigit ada yang tidak.

Lalu, bagaimana cara memegang yang baik agar pemilik tidak tergigit dan hewan kesayangan kita tidak terganggu?

Menurut  pengajar di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Nusdianto Triakoso, baik tikus, mencit atau gerbil dapat dipegang dengan cara yang sama, yaitu dengan memegang pada pada pangkal ekornya, kemudian mengangkat kaki belakang.

“Lebih baik lagi bila ditempatkan di tempat yang agak kasar sehingga kaki depannya tetap mencengkeram lantai,” katanya.

Caranya, angkat kira-kira membentuk sudut 45 derajat kemudian pegang bagian belakang tengkuknya dengan hati-hati. Pastikan tidak ada lagi kulit yang longgar, sehingga hewan tidak bisa berpaling dan menggigit.

Gerbil biasanya tidak menggigit, namun tampak seperti kejang. Hal ini biasa dan bukan merupakan hal yang berbahaya. Tikus biasanya akan berusaha menggigit saat dipegang. Sedangkan  tikus yang berukuran besar dapat dipegang dengan cara meletakkan jari-jari pada seputar daerah dada dan jempol di bawah rahang.

Hamster lebih sulit

Sementara marmut jarang menggigit, namun mereka mudah takut dan melarikan diri. Marmut dapat dipegang dengan cara memegang kulit daerah tengkuk dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kulit yang longgar. Hal ini karena Marmut tidak mempunyai ekor.

“Selain itu dapat juga dipegang dengan meletakkan jari-jari di seputar daerah dada dan mengangkat tubuhnya dengan tangan yang lain,” katanya.  

Hamster agak lebih sulit dipegang dan biasanya akan berusaha menggigit, terutama bila  mengganggu jam tidurnya. Hamster mempunyai kulit yang sangat longgar di seputar leher.

“Pegang hati-hati kulit di belakang tengkuk dan pastikan tidak ada lagi kulit yang longgar kemudian angkat. Bila masih ada kulit longgar saat dipegang, hamster dapat berbalik atau sedikit memutar dan menggigit kita,” jelas Nusdianto.(Aks)

sumber: Vetnews.co


Post Terkait

Comments