Begini Cara Menenangkan Kucing yang Takut Petir

Tidak hanya manusia, hewan peliharaan seperti kucing juga bisa takut mendengar suara petir saat hujan turun. 

Dikutip dari Modern Cat, Senin (14/2/2022), ketika mendengar suara petir, kucing akan menunjukkan rasa gelisah, mondar-mandi, dan lengket bersama pemiliknya. 

Akan tetapi, ada beberapa kucing peliharaan yang pergi bersembunyi secara diam-diam. Meski tidak menunjukkan kecemasan saat berada di dekatmu, bukan berarti kucing tidak takut dengan suara petir. 

Untuk itu, Anda perlu melakukan cara menenangkan kucing saat terjadi petir demi membuat merasa aman. Nah, berikut cara menenangkan kucing yang takut petir.

Jangan biarkan keluar rumah

Ketika hujan turun, ajak kucing peliharaan masuk ke rumah. Pastikan pintu dan setiap celah terturup agar sahabat bulu tidak bisa keluar rumah. 

Bila kucing tidak mau masuk, pancing dengan memberinya makanan. Setidaknya, dengan kucing berada di dalam rumah, bisa memberi kucing rasa aman lebih baik daripada di luar rumah saat hujan disertai suara petir turun. 

Hadirkan tempat mengumpat

Biasanya, banyak kucing yang takut dengan petir akan bersembunyi seperti meringkuk di tempat tidur favoritnya atau di belakang lemari.

Sediakan beragam pilihan tempat untuk kucing bersembunyi. Biarkan pintu kamar tidur terbuka agar kucing bisa masuk.

Sediakan juga tempat persembunyian yang nyaman di area kamu sering menghabiskan waktu di dalam ruangan. Dengan begitu, kucing akan merasa aman bersembunyi di ruangan tersebut bersama kamu.

Perhatikan bahasa tubuh kucing sebelum interaksi

Ada kemungkinan kucing tidak ingin berinteraksi selama badai atau suara petir berlangsung. Untuk itu, sebaiknya tidak memberikan sentuhan fisik guna menenangkan kucing. 

Sebab, kucing bisa menganggap sentuhan tersebut dianggap sebagai tidak menenangkan baginya. Jadi, jangan keluarkan kucing dari tempat persembunyiannya.

Biarkan kucingmu mengatur seberapa banyak interaksi yang diinginkan. Perhatikan bahasa tubuhnya. Membelai kucing saat mereka bersembunyi di bawah selimut bisa disambut baik atau buruk.

Atur kembali lingkungan rumah

Saat badai petir berlangsung, atur kembali lingkungan rumah seperti menutup jendela dan tirai. Ini akan mengurangi dampak cahaya yang terlihat dari sambaran petir.

Untuk mengurangi bunyi petir yang dapat membuat kucing lebih takut, putar beberapa lagu.

Perhatikan perilaku kucing lain

Bagi yang memelihara lebih dari satu kucing, ada beberapa kucing yang menunjukkan rasa takutnya dengan berperilaku agresif pada kucing lain.

Jika situasi ini terjadi, segera pisahkan. Bawa kucing tersebut ke ruangan yang tenang agar mereka dapat bersembunyi. Kamu dapat menemani kucing bersembunyi atau meninggalkannya, tergantung pada perilaku yang ditunjukkan kucing.

Latih kucing agar terbiasa dengan suara petir

Saat sedang tidak ada badai petir, kamu dapat melatih kucing peliharaan agar terbiasa dengan suara petir. Caranya, putar suara petir pada volume paling kecil saat bermain dengan kucing, lalu kencangkan volume secara bertahap.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)

 


Post Terkait

Comments