Begini Cara Anjing melkukan Penyesuaian Diri

Penyesuaian diri hewan anjing adalah usaha hewan anjing untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan pada lingkungannya. Penyesuaian diri hewan anjing adalah proses bagaimana hewan anjing mencapai keseimbangan hidup dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungan.

Penyesuaian diri hewan anjing lebih bersifat suatu proses sepanjang hayat, dan hewan anjing terus menerus berusaha menemukan dan mengatasi tekanan dan tantangan hidup guna mencapai kehidupan yang sehat.

Penyesuaian adalah sebagai suatu proses ke arah hubungan yang harmonis antara tuntutan internal dan eksternal. Dalam proses Penyesuaian diri hewan anjing dapat saja muncul konflik, tekanan dan frustrasi, dan hewan anjing di dorong menyesuaikan berbagai kemungkinan perilaku untuk membebaskan diri dari ketegangan.

Hewan anjing di katakan berhasil dalam melakukan Penyesuaian diri hewan anjing apabila ia dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara cara yang wajar dapat di terima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu lingkungannya. Berikut 10 jenis penyesuaian diri pada anjing peliharaan.

  1. Berkeringat lewat telapak kaki

Hewan anjing merupakan salah satu hewan berdarah panas. Mereka bisa menjaga suhu tubuhnya tetap konstan meskipun suhu lingkungan berubah-ubah. Berbeda dengan manusia yang bisa berkeringat untuk menurunkan suhu tubuhnya, tubuh hewan anjing tertutup bulu dan tidak memiliki kelenjar keringat.

Hewan anjing hanya memiliki kelenjar keringat pada telapak kaki. Jadi hewan anjing hanya dapat berkeringat dari telapak kakinya. Kita tentu sering melihat jejak kaki hewan anjing yang basah karena berkeringat, itulah caranya menyesuaikan diri dengan suhu sekitar. Baca juga mengenai : jenis penyakit gatal pada anjing

  1. Menjulurkan lidah

Ketika suhu lingkungan tinggi atau tubuh hewan anjing kepanasan akibat berlarian, hewan anjing harus menurunkan suhu tubuhnya secepat mungkin. Berkeringat dari telapak kaki tentu saja tidak cukup untuk menurunkan suhu tubuh.

Cara lain yang mereka gunakan adalah dengan menjulurkan lidah dan membiarkan cairan menguap dari lidah mereka. Dengan cara itu, suhu tubuh hewan anjing dapat tetap terjaga. Baca juga mengenai : jenis jamur pada kulit anjing

Jadi hewan anjing menjulurkan lidahnya untuk penyesuaian diri menjaga suhu tubuhnya tetap konstan, baik ketika terpapar udara yang panas atau sehabis lelah berlarian. Namun, dalam kondisi yang teralalu panas, hewan anjing mungkin saja pingsan karena suhu tubuhnya tidak dapat dikontrol dengan cara menjulurkan lidah atau berkeringat dari telapak kaki. Baca juga mengenai : jenis kutu pada anjing

  1. Menggonggong

Terdapat banyak penyebab gonggongan yang sering dilakukan dan penting untuk mengetahui penyebab dari setiap kasus. Nada dan pola gonggongan mungkin dapat membantu kita memahami alasan hewan anjing menggonggong. Baca juga mengenai : cara memilih kalung anjing yang baik

Beberapa hewan anjing sering menggonggong ketika mendengar suara-suara ribut, kedatangan tamu atau ada orang atau pun hewan anjing yang melewati rumah anda. Hewan anjing yang melakukan Penyesuaian diri seperti ini sebaiknya dialihkan perhatiannya agar tidak terlalu sensitif seperti memberinya tulang atau mainan dan tempat tidur yang hangat.

Biasanya ketika Anda akan pergi, hewan anjing Anda akan menggonggong segera setelah Anda meninggalkan rumah dan terus menggonggong, biasanya dengan nada yang monoton selama Anda tidak ada.

Hal ini mungkin karena hewan anjing Anda merasa gelisah karena berpisah dari anda. Sebaiknya sebelum Anda pergi, ajaklah hewan anjing Anda berjalan-jalan dan bermain sampai ia kelelahan, pastinya hewan anjing Anda akan santai dan tidur selama Anda pergi.

  1. Menggigit benda

Tingkah laku merusak jauh lebih sering dijumpai pada hewan anjing yang masih muda. Karena anak hewan anjing perlu menggigit-gigit terutama ketika giginya sedang tumbuh hal ini dilakukan untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal.

Selain itu anak hewan anjing perlu menggigit-gigit untuk penyesuaian diri dengan lingkungan, sebagai cara mereka mengenali dan memahami benda-benda dilingkungan mereka.

  1. Menggali

Biasanya hewan anjing menggali untuk menguburkan atau menyembunyikan mainan atau tulang, untuk mengeluarkan sesuatu yang mereka cium atau yang telah mereka kuburkan, untuk membuat lubang agar dapat lebih hangat atau hanya untuk bermain.

Menggali dapat menyebabkan masalah apabila hewan anjing Anda terus menggali-gali dan merusak tanaman kesayangan Anda atau membuat terowongan untuk keliar dari rumah. Menggali sebenrnya merupakan caranya penyesuaian diri dengan lingkungan manusia yakni memberinya rasa aman atas apa yang mereka miliki.

  1. Membuang kotoran dalam rumah

Tindakan ini biasanya dilakukan oleh anak hewan anjing. Namun hal ini bisa juga terjadi pada hewan anjing dewasa karena beberapa hal, seperti penyesuaian diri untuk mengurangi sakit akibat adanya infeksi pada kandung kencing atau usus besar, kegelisahan akibat berpisah dengan anda, untuk menandai wilayah sebagai sikap dominasi terhadap hewan anjing lain yang masuk ke dalam rumah.

  1. Gelisah

Gelisah akibat berpisah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penyesuaian diri yang ditunjukan oleh beberapa hewan anjing ketika sedang ditinggalkan sendiri atau hewan anjing itu berpisah dengan salah satu anggota keluarga tertentu.

Hewan anjing ini biasanya mulai menggonggong segera setelah Anda pergi dan terus menggonggong sebelum Anda kembali. Hewan anjing ini mungkin akan menggigiti pintu, karpet, tirai, merusak perabot dan juga membuang air dan kotoran didalam rumah.

  1. Melarikan diri

Beberapa hewan anjing terus-menerus berusaha melarikan diri dan pergi berkelana untuk penyesuaian diri ketika ia merasa bosan atau tidak diperhatikan. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan pada pemilik hewan anjing dan berbahaya untuk hewan anjingnya.

Bila Anda memiliki hewan anjing yang pandai melarikan diri, satu hal yang paling penting untuk dilakukan ialah dengan membuat pagar dengan tinggi minimal 2-3 meter.  Anda perlu meluangkan waktu setiap hari untuk bermain-main dengan hewan anjing Anda secara interaktif. Maka kecil kemungkinan hewan anjing Anda akan melarikan diri dari rumah anda.

  1. Penyesuaian diri ketika stres dalam perjalanan

Cara membantu hewan anjing mudah melakukan penyesuaian diri dimulai sejak Anda membawanya dari tempat lama ke rumahmu. Selama dalam perjalanan, berikan hewan anjing Anda tempat transportasi yang kuat dan aman. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan hewan anjing dan sebagai awal dari cara penyesuaian diri hewan anjing. 

Jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu lama, sediakan cukup makanan dan minum. Sebaiknya Anda juga menyediakan kotak tempat buang air dan kotoran. Hewan anjing cenderung akan mengalami stres selama perjalanan. Berikan hewan anjing Anda suasana yang senyaman mungkin. 

  1. Penyesuaian diri dengan hewan peliharaan lain atau orang baru

Cara penyesuaian diri hewan anjing dilakukan secara bertahap. Saat Anda mengenalkannya pada anggota keluarga Anda yang lain, mungkin awalnya hewan anjing Anda akan takut. Namun Anda harus sabar dalam melatihnya. Hewan anjing akan mudah bersahabat dengan manusia bila sering bertemu dan diberi makanan. 

Demikian juga halnya saat mengenalkan hewan anjing Anda kepada hewan peliharaan lain di rumah. Sebaiknya Anda tidak melakukannya pada hari pertama kedatangan hewan anjing.

Berikan hewan anjing Anda cukup waktu untuk penyesuaian diri dengan rumah baru dan anggota keluarga Anda. Kemudian Anda dapat mengenalkan hewan anjing Anda pada hewan peliharaan lain secara bertahap. 

Semoga informasi ini bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments