Awas, Kotoran Kucing Bisa Menularkan Parasit T. Gondii

Kotoran kucing berpotensi menularkan parasit Toxoplasma gondii, yaitu jenis parasit yang menyebabkan toksoplasmosis. Parasit T. Gondii sebenarnya tidak membahayakan tubuh karena sistem imun manusia bisa mengendalikan infeksinya. Namun, pengidap toksoplasmosis dengan sistem imun rendah atau ibu hamil perlu mendapat penanganan  medis segera untuk mencegah komplikasi yang berat.

Penularan toksoplasmosis terjadi dari hewan ke manusia, bukan antar manusia, kecuali pada wanita hamil yang bisa menularkan infeksi toksoplasma ke janin yang dikandungnya. Pada wanita hamil, toksoplasmosis bisa mengganggu tumbuh kembang janin, serta meningkatkan risiko keguguran dan kematian janin dalam kandung.

Gejala Toksoplasmosis

Gejala toksoplasmosis hampir mirip dengan gejala flu, yakni demam, nyeri otot, kelelahan, radang tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala tersebut dapat membaik dalam waktu 6 minggu. Sementara pada pengidap gangguan kekebalan tubuh, gejala toksoplasmosis berupa:

·         Jika parasit menyerang otak: sulit bicara, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, pusing, linglung, kejang, hingga koma.

·         Jika menyebar ke seluruh tubuh: muncul ruam kulit, demam, menggigil, lemas, dan sesak napas.

Pada bayi, gejala toksoplasmosis berupa perubahan warna kulit (menjadi kuning), infeksi di bagian belakang bola mata dan retina, pembesaran organ hati dan limpa, kejang, ruam kulit, hidrosefalus atau mikrosefalus, kehilangan pendengaran dan anemia.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber www.halodoc.com)


Post Terkait

Comments