Anjing Perlu Rutin Grooming

Setiap anjing, baik yang berbulu panjang atau pun pendek, membutuhkan grooming yang baik. Grooming diperlukan untuk menjaga agar hewan piaraan tetap terawat. Selain menjaga tampilan yang baik pada hewan piaraan, grooming juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fisiologis dan psikologis hewan.

Jangan sepelekan soal menyisir bulu anjing. Aktivitas menyikat dan menyisir bulu anjing akan membuat bulu anjing bersih dan sehat. Selain itu, juga berfungsi untuk merangsang kulit sehingga minyak alaminya dapat bersirkulasi ke bulu.

Grooming teratur yang profesional juga membuat groomer dapat memeriksa potensi masalah kesehatan pada hewan, seperti kerontokan bulu, pertumbuhan abnormal dan tumor, adanya kutu. caplak, serta jenis parasit lain.

Seberapa sering anjing perlu melakukan grooming?

Kebanyakan anjing harus diberi perawatan grooming secara profesional setidaknya 4 hingga 6 minggu sekali. Beberapa jenis trah seperti Pudel dan Shih Tzu perlu digunting bulunya. Oleh karena itu harus lebih sering dibawa ke salon untuk grooming.

Bulu semua jenis anjing harus disikat setiap hari untuk mengurangi kerontokan bulu dan merangsang kulit mereka. Penyikatan bulu setiap hari juga membantu agar bulu anjing tidak menjadi kusut (gimbal). Anjing dapat dimandikan seminggu sekali menggunakan sampo anjing premium, tanpa mengeringkan kulit serta bulunya.

Agar repot memang, tapi itulah risiko menjadi penyayang hewan peliharaan.

Shampo manusia atau pun produk pembersih lain tidak diformulasi untuk kulit anjing yang sensitif. Sebab produk-produk ini dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, teriritasi, dan memberikan tampilan bulu yang kusam. Jika shampo atau produk pembersih yang tidak tepat terus digunakan, dapat menyebabkan masalah kulit dan bulu yang lebih serius.

Melakukan grooming hewan piaraan sendiri, selain dari membawanya ke tempat grooming profesional, juga akan memberi kesempatan bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama hewan piaraan, dan juga untuk menjamin kesehatan kulit dan bulunya.

Pada usia berapa anjing harus mulai di-grooming?

Anjing harus mulai di-grooming sedini mungkin, terutama bagi jenis-jenis dengan bulu panjang yang membutuhkan grooming serta pengguntingan rambut secara berkala. Semua anjing yang dibawa ke Grooming Salon sebaiknya telah divaksin Distemper Anjing, Parvo, Corona, atau kombinasi paket vaksinasi yang setara, serta juga Rabies. Ini adalah persyaratan hukum dari banyak negara, ditambah dengan Bordetella. Anak anjing harus mulai divaksin pada saat berusia 6 hingga 8 minggu.

Mencampur anak anjing yang belum divaksin dengan hewan lain dapat menyebabkan penyebaran penyakit, bukan hanya pada anak anjing namun juga ke hewan piaraan Anda yang lain.

Idealnya, setelah divaksin hewan piaraan harus diisolasi selama 2 minggu agar tidak bercampur dengan hewan lain. Ini untuk memastikan bahwa vaksinasi telah masuk ke dalam sistem tubuh hewan, dan memberinya perlindungan maksimum.

Pet lover harus bertanya kepada dokter hewan mengenai kemungkinan risiko bila anak anjing berambut panjang dan harus di-grooming sebelum seluruh vaksinasinya lengkap.

Apa yang termasuk dalam layanan grooming profesional?

Suatu layanan grooming lengkap adalah yang menyertakan penyikatan bulu sebelum mandi. Biasanya ini berlangsung selama 15-30 menit dan sudah termasuk dalam harga dasar. Kemudian dilanjutkan pengguntingan bulu sebelum mandi untuk menghilangkan bulu berlebih (bila perlu), pembersihan telinga bagian luar, pengguntingan kuku, pemeriksaan kelenjar, mandi dengan shampo anjing premium, pengeringan menggunakan pengering, pemotongan bulu standar trah atau sesuai permintaan pelanggan, dan pita beserta wewangian.

Pelanggan harus melibatkan diri dalam memilih penataan bulu anjing. Kebanyakan Penata Bulu Hewan Piaraan profesional akan merekomendasikan pemotongan bulu standar trah, atau yang sedekat mungkin dengan gaya tersebut.

Terdapat banyak variasi gaya potong bulu yang cantik untuk anjing trah campuran. Groomer biasanya akan membantu untuk memilih gaya terbaik bagi anjing. Jika terdapat kekusutan bulu (gimbal) yang cukup serius, anjing mungkin harus dicukur dan bulu yang disisakan adalah sepanjang kira-kira 1 cm.

Bulu ini akan tumbuh lagi, dan biasanya hampir serupa dengan teksturnya sebelum dicukur. Jika hewan piaraan Anda harus dicukur, groomer akan memberi tips untuk menjaga agar bulu yang baru tetap sehat dan indah, ketika telah tumbuh sepanjang yang diinginkan. Selamat mencoba tips ini. (A.Kholis/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments