Alasan Kucing Senang Mendekat ke Pemiliknya pada Pagi Hari

Sebagian besar orang mengira bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang suka menyendiri, baik itu kucing rumahan atau yang terbiasa di luar rumah.

Namun, ada kalanya mungkin kamu memerhatikan bahwa kucing peliharaanmu terlihat lebih dekat denganmu pada pagi hari, yakni dengan menempelkan tubuh saat kamu masih tertidur lelap.

Dilansir dari Cuteness, Kamis (10/2/2022), ada kemungkinan hal ini berkaitan dengan jam alami tubuh sahabat bulu.

Siklus tidur kucing

Banyak orang menganggap bahwa kucing adalah hewan nokturnal. Sebab, mereka selalu aktif saat malam hari.

Mereka memang aktif pada malam hari. Namun, mereka juga tidur saat hari sudah gelap. Inilah yang membuatnya sebagai makhluk krepuskular.

Hewan krepuskular adalah hewan yang sangat aktif pada senja dan sekitar pagi buta sebelum matahari terbit, namun tidur pada bagian terpanas pada siang dan malam hari.

Mereka menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut untuk menghemat energi, dan juga karena biasanya mangsa mereka terbangun pada waktu-waktu tersebut.

Hal ini penting bagi kelangsungan hidup kucing. Banyak kucing tidak perlu segera berburu setelah bangun tidur. Tetapi, jam internal kucing masih membangunkan banyak sahabat bulu sekitar waktu tersebut.

Waktu tidur yang terganggu

Meski kamu mencintai kucingmu, namun kamu juga menyukai waktu tidur yang tidak terganggu. Kucingmu mungkin akan mengeong sangat kencang pada pagi buta untuk meminta makan.

Mereka juga mungkin akan membangunkanmu dengan dengkuran keras, dan memijat selimut yang tengah digunakan. Jika merasa terganggu, tetapkan beberapa batasan.

Tentukan batasan dengan menyesuaikan jam makan

Perlu diketahui bahwa kucing biasanya lapar pada pagi buta. Ini hal yang wajar karena mereka akan terbangun pada waktu tersebut untuk berburu di alam liar.

Untuk mengatasi gangguan kucing ketika tidur, pakailah alat pemberi makan otomatis. Alternatifnya, latih kucing untuk mendapatkan makanan pada waktu yang sudah diatur.

Dengan begitu, mereka akan hidup sesuai jadwalmu. Kucing dewasa yang sehat dapat diberi makan dua kali sehari. Pemberian makan harus dilakukan setiap 12 jam sekali.

Sebelum waktu tidur, beri dia makan malam agar kucing merasa kenyang lebih lama dan waktu tidurmu tidak terganggu.

Tentukan batasan fisik

Selanjutnya, tentukan batasan fisik jika kucing terus mengganggumu hanya karena mereka butuh perhatian, atau terlalu ceria saat pagi buta.

Jika memungkinkan, tutup pintu kamar agar mereka tidak bisa masuk. Untuk menjaga antusiasmenya saat kucing tidak memiliki teman bermain, pasanglah pintu kucing pada pintu rumahmu.

Jadi, mereka dapat pergi ke luar atau ke dalam rumah untuk memulai hari mereka. Untuk kucing yang hanya berada di dalam rumah, hadirkan air mancur, mainan, atau tiang garukan agar mereka tidak bosan.

Kesimpulannya, kucing adalah hewan krepuskular. Artinya, mereka aktif pada senja dan pagi buta sebelum matahari terbit.

Mereka aktif pada waktu-waktu ini karena memiliki jam alami tubuh yang menandakan bahwa mereka perlu makan setelah bangun tidur.

Kebiasaan kucing yang lebih menempel pada pemiliknya saat pagi buta adalah karena mereka merasa lapar, dan untuk memberi tahu bahwa mereka harus segera diberi makan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)

 


Post Terkait

Comments