Agar Kucing Anda Bahagia

Jika Anda memiliki kucing di rumah, pasti ingin membuatnya sebahagia mungkin. Menyediakan perawatan untuk hewan peliharaan yang memiliki kepribadian dan daya tariknya sendiri, adalah bagian yang paling memuaskan dari hubungan antara anda dan hewan peliharaan.

Anda bisa belajar untuk membuat kucing merasa bahagia dan sehat di sepanjang hidupnya dengan 13 Tips Membuat Kucing Senang.

  1. Makanan yang Baik

Menu makanan yang tepat sangat penting untuk kesehatan kucing. Obesitas adalah penyebab utama masalah kesehatan untuk hewan peliharaan. Carilah makanan kucing yang berkualitas di toko peliharaan terdekat dan pastikan Sobat pembaca membeli makanan yang sudah dicocokan dengan usia kucing. (Baca juga mengenai cara mengatasi nafas cepat pada kucing).

  1. Perhatikan Berat Badan Kucing

Untuk kuantitasnya, ikutilah instruksi yang tertera pada kemasan makanan. Tetapi, instruksi tersebut hanyalah panduan. Sering kali, pabrik pembuat makanan kucing menaksir kuantitasnya terlalu tinggi, jadi instruksi pada kemasan harus dipahami dan dicocokan dengan keadaan kucing, apakah berat badan kucing akan berkurang atau bertambah jika diberi makanan sebanyak itu.

  1. Camilan yang Sehat

Berhati-hatilah dengan camilan. Kucing selalu menantikan makanan enak dan akan memohon-mohon untuk diberikan ikan favoritnya. Sobat pembaca hanya boleh memberikan camilan sesekali untuk menghindari obesitas.

  1. Dalam Kondisi Tertentu Jangan Tinggalkan Kucing tanpa Pengawasan

Jangan tinggalkan daging dan ikan begitu saja tanpa pengawasan. Ingatlah bahwa kucing bisa lompat dengan tinggi dan tidak suka mengikuti aturan. Jika Sobat pembaca sedang berada di ruangan lain, sosis lezat di atas meja bisa berakhir di perut kucing.

  1. Kesehatan Kucing

Kucing bisa terjangkit berbagai macam penyakit baik di dalam maupun di luar rumah. Sangat penting untuk membawa kucing ke dokter hewan setidaknya dua kali dalam setahun untuk pemeriksaan umum. Kucing harus dikebiri untuk mencegah lahirnya bayi-bayi kucing yang tidak diinginkan dan mengurangi risiko HIV pada kucing. 

Di beberapa negara, mengebiri kucing wajib dilakukan untuk mengontrol populasi kucing di negara tersebut. Jangan lupa untuk meminta perawatan terhadap cacing dan kutu yang teratur, terutama jika kucing menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Kucing tidak akan merasa bahagia jika harus menggaruk setiap saat!

  1. Tunjukkan Kasih Sayang dan Perhatikan Jika ada Gejala Sakit

Mintalah agar kucing Sobat pembaca diberi cip oleh dokter hewan. Pemberian cip akan menghemat banyak tenaga jika kucing tersesat lalu ditemukan orang lain. Terkadang, hal ini wajib dilakukan.Carilah gejala-gejala ini: penurunan berat badan, kekurangan energi, perilaku agresif, infeksi mata, luka, pincang, dan telinga yang kotor.

  1. Mandikan Kucing

Kucing tidak memiliki pilihan lain selain membersihkan tubuh. Kucing tidak boleh memiliki bau tubuh karena kondisi ini sangat diperlukan untuk berburu dan bertahan hidup. Akibatnya, kucing memiliki indera penciuman yang sensitif dan membutuhkan lingkungan yang bersih untuk bahagia.

Jangan mandikan kucing terlalu sering . Kucing bisa menjaga kebersihan tubuhnya dan akan melakukan rutinitas yang panjang untuk menghilangkan bau tubuhnya. Sobat pembaca hanya boleh memandikan kucing jika ia benar-benar kotor atau terkena produk-produk beracun yang tidak boleh ditelan kucing.

  1. Ajari Kebiasaan Buang Air yang Baik

Jagalah kebersihan dan kesegaran kotak pasir. Kucing mengubur kotorannya agar tidak bisa dideteksi. Memang sudah sifat alami kucing untuk menjaga kotak pasirnya bersih dan kucing akan menggunakan hal lain jika kotak pasir tersebut tidak memenuhi stsobat pembacar. Gantilah pasir setidaknya dua kali dalam seminggu dan buanglah kotoran kucing sehari sekali.

  1. Usap Kucing

Kucing biasanya suka berinteraksi dengan pemiliknya. Berusahalah bermanja-manja dengan kucing Sobat pembaca setidaknya dua kali sehari dan pastikan Sobat pembaca berbicara kepada si kucing. Kebanyakan kucing suka dielus di bagian belakang telinganya, di kedua sisi hidung, dan di bawah dagu.

Eluslah kucing selalu dari kening sampai ekornya. Letakkan tangan Sobat pembaca di atas kepala kucing dan ikutilah ruas tulang belakang kucing. Jangan mengelus dengan melawan akar bulunya. Kebanyakan kucing membenci hal itu.Jangan pernah menyentuh ekor dan telapak kakinya. Kucing membenci hal itu!

  1. Hindari Menyentuh Bagian Tertentu

Kucing akan membiarkan Anda mengelus perutnya jika ia mempercayai Sobat pembaca. Jangan pernah menyentuhnya jika hal tersebut membuat kucing stres.Kucing tidak suka disentuh terlalu lama. Jika kucing menunjukkan tanda bahwa ia kesal atau stres,

segera hentikan sentuhan Sobat pembaca.Kucing terkadang susah ditebak. Selalu dampingi anak kucing ketika mengelus kucing. Tunjukkan kepada anak kecil tersebut cara menyentuh kucing dengan lembut dan tidak melakukan gerakan tiba-tiba. Kucing akan mencakar jika ia merasa terancam.

  1. Beri Kebebasan pada Kucing

Kucing membutuhkan ruang pribadinya untuk merasa bahagia. Jangan selalu berusaha berinteraksi dengan kucing dan biarkan ia melakukan beberapa hal sendiri. Tempatkan kucing di duangan yang sepi di dalam rumah sehingga anak kecil tidak akan mengganggunya.

  1. Beri Ruang Bermain

Ruang pribadi kucing tidak harus berukuran besar. Kucing menyukai tempat-tempat sempit, seperti kotak kardus, dan akan merasa senang untuk tidur siang di dalamnya. Cobalah tanam rumput yang bisa dimakan kucing di dekat tempat pribadi si kucing. Tumbuhan spesial ini dapat membantu sistem pencernaannya dan tidak akan membuat kucing muntah seperti ketika memakan rumput halaman biasa.

  1. Biarkan Kucing Sekali Kali Keluar Rumah untuk Bermain

Sobat pembaca bisa membeli sekeranjang rumput kucing di toko hewan peliharaan. Carilah jenis yang bisa dibersihkan dengan mudah karena rumput ini lama kelamaan bisa menjadi kotor atau bau.Biarkan kucing melihat  ke luar jendela. Kucing suka memperhatikan burung dan manusia.

Semoga menjadi wawasan berkualitas dan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments